Diketik Tanggal 15-09-12
Penengertian Perencanaan :
1.
Perencanaan
ialah menyeleksi dan menghubungkan pengetahuan, fakta, imajinasi, dan asumsi
untuk masa yang akan datang dengan tujuan memvisualisasi dan memformulasi hasil
yg diinginkan.
Willian G. Cunningham,
Systematic Planning for Educational Change, First Edition, Mayfield Publishing
Company, California, 1982, hlm. 4.
2.
Perencanaan
adalah hubungan antara apa yang ada sekarang (what is) dengan bagaimana
seharusnya ( waht should be) yg bertalian dengan kebutuhan, penentuan tujuan,
prioritas, program, dan alokasi sumber.
Arthur W. Steller,
Curriculum Planning, Fenwick W. English, (editor), Fundamental Curriculum
Decisions,ASCD, Virginia, 1983, hlm 68.
3.
Perencanaan
adalah upaya untuk membelajarkan siswa, dan secara implisit dalam pengajaran
terdapat kegiatan memilih, menetapkan, mengembangkan metode untuk mencapai
hasil pengajaran yg diinginkan.
I Nyoman Sudana Degeng,
Buku pegangan Teknologi Pendidikan Pusat Antar Universitas untuk Peningkatan
dan Pengembangan Aktivitas Instruksional Universitas Terbuka. Depdikbud
RI,Dirjen Dikti, Jakarta, 1993, hlm.1
4. Perencanaan
adalah suatu cara untuk mengantisipasi dan menyeimbangkan perubahan.
Stephen P. Robbins, The
Administrative Process,Second Edition, Prantice-Hall of India Private Linmited,
New Delhi, 1982, hlm. 128.
5. Perencanaan
Yakni suatu cara yang memuaskan untuk membuat kegiatan dapat berjalan dengan
baik, disertai dengan berbagai langkah yang antisipatif guna memperkacil
kesenjangan yang terjadi sehingga kegiatan terebut mencapai tujuan yang telah
ditentukan.
6. Perencanaan
adalah usaha mengubah organisasi agar sejalan dengan perubahan lingkungannya.
Dr. Hamzah B. Uno, M.Pd,
Perencanaan Pembelajaran. PT Bumi Aksara, Jakarta, 2006, hlm. 2.
7.
Perencanaan adalah suatu proyeksi tentang apa yang
diperlukan dalam rangka mencapai tujuan absh dan bernilai.
Roger A. Keufman,
Educatoional System Planning, New Jersey Prentice Hall, Inc, 1972, hlm. 6.
8. Perencanaan
merupakan suatu proses untuk menentukan
kemana harus pergi dan mengidentifikasikan persyaratan yang diperlukan dengan
cara yang paling efektif dan efisien.
9.
Perencanaan merupakan proses yang melibatkan
penetapan keadaan masa depan yang diinginkan.
Drs. Harjanto,
Perencanaan Pengajaran,cetakan kedua, PT Rineka Cipta. Jakarta. 2000. Hlm. 2
10.
Perencanaan adalah usaha yang digunakan untuk
menyeleksi dan menghubungkan sesuatu dengan kepentingan masa yang akan datang
serta usaha untuk mencapainya.
11. Perencanaan
adalah usaha untuk mengisi kesenjangan antara keadaan sekarang dan keadaan yang
akan datang disesuaikan dengan apa yang telah dicita-citakan.
Dr. Hamzah B. Uno, M.Pd,
Perencanaan Pembelajaran. PT Bumi Aksara, Jakarta, 2006, hlm. 1.
12.
Muhammad Efendi : Perencanaan adalah pelaksanaan
suatu kegiatan, mengingat perencanaan merupakan proses untuk menentukan kemana
harus pergi dan mengientifikasikan persyaratan yang diperlukan dengan cara yang
paling efektif dan efisien.
Kazhanah Pendidikan,
Jurnal Ilmiah Kependidikan,vol. 1, no.2. Maret, Muhammadiyah Purwokerto, 2000,
hlm 14.
13.
Oxford Advanced Learner’s Dictionary of Current
English merumuskan perencanaan sebagai :
·
Garis besar gambaran suatu bagunan baik ukuran,
posisi dan berbagai bagian lainnya.
·
Diagram bagian-bagian mesin.
·
Diagram yang memperlihatkan luasnya kebun, taman,
kota atau area tanah.
·
Penyusunan sesuatu yang harus dikerjakan dan
digunakan.
Sarbini, M.Ag dan Neneng
Lina S.Pd.I.,M.M.Pd, Perencanaan Pendidikan, CV Pustaka Setia, Bandung 2011,
hlm.13
14. Wikipedia,
Free Encyclopedia : Perencanaan dalam organisasi dan kebijakan politik adalah
proses menciptakan dan memelihara rencana serta proses psikologis serta
berpikir tentang kegiatan yang dibutuhkan untuk membuat suatu tujuan yang
dikehendaki pada skala tertentu.
Sarbini, M.Ag dan Neneng
Lina S.Pd.I.,M.M.Pd, Perencanaan Pendidikan, CV Pustaka Setia, Bandung 2011,
hlm.14.
15. Banghart
dan Trull (Sagala 2003) : Perenanaan adalah awal dari semua proses yang
rasional dan mengandung sifat optimisme yang didasarkan atas kepercayaan dan
mengatasi berbagai macam permasalahan.
16. Prajudi
Atmusudiro : perencanaan ialah perhitungan dan penentuan tentang sesuatu yang
akan dijalankan dalam mencapai tujuan tertentu, orang yang melakukan, dan cara
menggunakannya.
17. Bintoro
Tcokroamidjojo (1977) : perencanaan merupakan proses mempersiapkan kegiatan
secara sistematis untuk mencapai tujuan tertentu.
18. M.
Fikry (1987) : Perencanaan ialah a) Perencanaan sebagai proses penyusunan
berbagai keputusan yang akan dilaksanakan pada masa yang akan datang untuk
mncapai tujuan yang telah ditentukan, b) prose pembuatan serangkaian kegiatan
kebiajakan untuk mengendalikan masa depan sesuai yang ditentukan, c) Perenanaan
adalah upaya untuk memadukan antara cita – cita nasional dan resources yang
ada.
Sarbini, M.Ag dan Neneng
Lina S.Pd.I.,M.M.Pd, Perencanaan Pendidikan, CV Pustaka Setia, Bandung 2011,
hlm.15.
19. Sondang
P. Siagian : Perencanaan sebagai keseluruhan proses pemikiran dan penentuan
secara matang dalam hal – hal yang akan dikerjakan pada masa yang akan datang
dalam rangka pencapaian tujuan yang telah ditentukan.
Pendekatan Komprehesif,
cetakan ketiga, Remaja Rosdakarya dan LIPI, Bandung, 2007, hlm. 5
20. Albert
Waterston : Merumuskan Perencanaan sebagai usaha pemikiran yang teratur guna
memiliki alternatif – alternatif yang tersediayang terbaik untuk mencapai tujuan
tertentu.
Affifudin, dkk,
Perencanaan dan berbagai pendekatan dalam proses belajar mengajar, Insan
Mandiri, Bandung, 2005, hlm. 6
21. Fakry
Gaffar : Perencanaan sebagai proses penyusunan berbagai keputusan yang akan
dilaksanakan pada masa yang akan datang untuk mencapai tujuan yang ditentukan.
Bintoro Jkokoamidjojo,
Perencanaan Pembangunan, Gunung Agung, Jakarta, 1980, hlm.12
22. Garth
N. Jone : Perencanaan sebagai proses pemilihan dan pengembangan daripada
tindakan yang paling baik / menguntungkan untuk mencapai tujuan.
Affifudin, dkk,
Perencanaan dan berbagai pendekatan dalam proses belajar mengajar, Insan
Mandiri, Bandung, 2005, hlm. 7.
23. Mc.
Farland : Perencanaan merupakan fungsi dimana pimpinan kemugkiana menggunakan
pengaruh dari pada kewenangannya, yang dapat mengubah kegiatan dan tujuan
daripada organisasi.
24. W.
H Newman : Perencanaan adalah keputusan yang akan dikerjakan untuk waktu yang
akan datang yaitu rencana yang diproyeksikan dalam suatu tindakan.
Sarbini, M.Ag dan Neneng
Lina S.Pd.I.,M.M.Pd, Perencanaan Pendidikan, CV Pustaka Setia, Bandung 2011,
hlm.16.
25. Perencaan
adalah usaha untuk menggali pihak yang bertanggung jawab terhadap berbagai
aktivitas tertentu untuk mencapai tujuan bersama.
Sarbini, M.Ag dan Neneng
Lina S.Pd.I.,M.M.Pd, Perencanaan Pendidikan, CV Pustaka Setia, Bandung 2011,
hlm.17
Pengertian
Perencanaan Pembelajaran :
1. Perencanaan
Pembelajaran adalah suatu usaha yang berkaitan dengan pemilihan sumber dana,
sehingga harus mampu mengurangi pemborosan, duplikasi, salah penggunaan dan salah
dalam manajemen.
Frank W.
Banghart dan Albert Trull, Jr, Educational Planning, New York Collier-Macmillan
Limited, hlm.4
2. Perencanaan
Pembelajaran adalah suatu penerapan yang rasional dari analisis sistematis
proses pengembangan pendidikan dengan tujuan agar pendidikan itu lebih efektif
dan efisien sesuai dengan kebutuhan dan tujuan para murid dan masyarakatnya.
Philip H.
Coombs, Apakah Perencanaan Pendidikan Itu, Bhatara Karya Aksara, Jakarta, 1982,
hlm. 1-3
3. Perencanaan
Pembelajaran adalah suatu proses penyusunan alternatif kebijakan mengatasi
masalah yang akan dilaksanakan dalam rangka pencapaian tujuan pembangunan
pendidikan nasional dengan mempertimbangkan kenyataan- kenyataan yang ada di
bidang sosial ekonomi, sosial budaya, dan kebutuhan pembangunan secara
menyeluruh terhadap pendidikan nasional.
Prof. Dr.
Jusuf Enoch, M. A., Dasar-Dasar Perencanaan Pendidikan, Bumi Aksara, Jakarta,
1992, hlm. 4.
4. Perencanaan
Pembelajaran adalah penetapan metode pembelajaran yang optimal untuk mencapai
tujuan yang telah ditentukan.
Dr. Hamzah
B. Uno, M.Pd, Perencanaan Pembelajaran. PT Bumi Aksara, Jakarta, 2006, hlm. 4.
5. Perencanaan
Pembelajaran merupakan suatu aktivitas penetapan tujuan pembelajaran,
penyususnan bahan ajar dan sumber belajar, pemilihan media pembelajaran,pemilihan
pendekatan dan strategi pembelajaran, pengaturan lingkungan belajar,
perancangan sistem penilaian hail belajar serta perancanganprosedur
pembelajaran dalam rangka membimbing peserta didik agar terjadi proses belajar
yang kesemuanya itu didasarkan pada pemikiran mendalam mengenai prinsip-
prinsip pembelajaran yang tepat.
Zainal
Arifin Ahmad, PT Pusaka Intan Madani anggota IKAPI, Yokyakarta, 2012, hlm. 35
6. Perencanaan
Pembelajaran merupakan teknologi yaitu suatu perencanaan yang mendorong penggunaan
teknik – teknik yang dapat digunakan untuk mengembangkan tingkah laku baik
kognitif, afektif dan psikomotor.
7. Perencanaan
Pembelajaran merupakan suatu sistem yaitu sebuah susunan dari sumber – sumber
dan prosedur – prosedur untuk mengerakkan pembelajaran.
8. Perencanaan
Pembelajaran merupakan suatu disiplin yaitu cabang ilmu pengethuan yang
senantiasa memerhatikan hasil – hasil penelitian dan teori tentang belajar dan
strategi pembelajaran, serta implementasi strategi tersebut.
9. Perencanaan
Pembelajaran sebagai sains yaitu mengkreasi secara detail spesifikasi
pengembangan, implementasi, evaluasi dan pemeliharaan akan situasi maupun
fasilitas pembelajaran terhadap unit –unit yang luas maupun yang lebih sempit
adri materi atau bahan pelajaran dengan segala kompleksitasnya.
10. Perencanaan
Pembelajaran sebagai suatu proses yaitu suatu pengembangan pembelajaran secara
sistematik dan sistematis yang igunakan secara khusus atas dasar teori –teori
pembelajaran dan beljar untuk menjamin kualitas belajar.
Zainal
Arifin Ahmad, PT Pusaka Intan Madani anggota IKAPI, Yokyakarta, 2012, hlm. 36
11. Perencanaan
Pembelajaran sebagai suatu realitas adalah ide pengajaran yang dikembangkan
dengan melakukan pengecekan dan perbaikan dari waktu ke waktu untuk memperbaiki
kualitas pembelajaran.
Dr. Kasful
Anwar Us, M.Pd dan Hendra Harmi S.Ag, M.Pd, Perencanaan Sistem Pembelajaran,
Penerbit Alfabeta, Bandung, 2011, hlm.25.
12. Perencanaan
Pembelajaran adalah suatu proses yang sistematis dilakukan oleh guru dalam membingbing
membantu dan mengarahkan peserta didik untuk memiliki pengalaman belajar serta
mencapai tujuan pengajaran yang telah ditetapkan dengan langkah – langkah
penyusuan materi, pelajaran, penggunaan media pembelajaran, penggunaan
pendekatan dan metode pengajaran, dan penilaian dalam suatu alokasi waktu yang
akan dilaksanakan dalam masa tertentu.
Drs.
Darwin Syah ,M.Pd dkk, Perencanaan Sistem Pengajara Pendidikan Agama Islam,
Penerbit Gaung Persada Press Jakarta, cetakan kedua, Jakarta, 2007, hlm. 30
13. Perencanaan pembelajaran merupakan
usaha sinkronisasi antara komponen pengajaran dengan kelengkapan sarana dan
karakteristik siswa
Tim
Pengembangan Ilmu Pendidikan FIP – UPI, Ilmu dan Aplikasi Pendidikan, Cetakan
Kedua, PT Imperial Bhakti Utama, Bandung, 2007, hlm. 316
14. Perencanaan pembelajaran adalahsuatu
disiplin atau cabang ilmu pengetahuan yang baru dan telah berkembang.
ST.
Vembriarto, Pengantar Perencanaan Pendidikan, PT Gramedia Widiasarana
Indonesia, Jakarta, 1993, hlm. 29
15. Perencanaan Pembelajaran merupakan
bentuk suatu daftar terperinci yang memuat berbagai jenis ketrampilan yang
dibutuhkan tingkat menengah dan tinggi.
C. A.
Anderson, Konteks Sosial Perencanaan Pendidikan, Bhratara Karya Aksara,
Jakarta, 1983, hlm. 2
16. Perencanaan pembelajaran adalah kegiatan pemilihan,
penetapan dan oengembangan metode yang didasarkan
pada kondisi pengajaran yang ada.
Jurnal Perencanaan Pembelajaran,
Progran Studi PGSD,FKIP Universitas PGRI Yokyakarta
17.
Perencanaan Pembelajaran merupakan catatan –
catatan hasil pemikiran awal seorang guru sebelum mengelola proses
pembelajaran.
18.
Perencaan Pembelajaran merupakan persiapan
mengajar yang berisi hal – hal yang perlu atau harus dilakukan oleh guru dan
siswa dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran yang antara lain meliputi unsur
– unsur : pmilihan materi, metode, media, dan alat – alat evaluasi.
19.
Perencaan Pembelajaran adalah penggalan –
penggalan kegiatan yang perlu dilakukan oleh guru untuk setiap pertemuan.
20.
Perencaan Pembelajaran adalah acuan bagi guru
untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran agar lebih terarah dan berjalan
efektif dan efisien.
21.
Perencaan Pembelajaran merupakan bentuk
kemungkinan bagi guru yang bersifat fleksibel untuk menyesuaikan dengan respon
siswa dalam proses pembelajaran sesungguhnya.
22.
Perencaan Pembelajaran adalah pengembangan
dasar tesis untuk menyatakan bahwa pengajaran dapat dirancang secara lebih
sistematis dan berbeda dengan cara –cara tradisional.
23.
Perencaan Pembelajaran pada hakekatnya
merupakan penerapan teori sistem terhadap proses pembelajaran dan evaluasinya.
http://file.upi.edu/Direktori/FPTK/JUR._PEND._TEKNIK_ARSITEKTUR/196609301997032-SRI_HANDAYANI/BahanAjarPerencanaanPemb_BUKUAJAR.pdf
24. Perencaan Pembelajaran adalah perencanaan yang terdiri dari beberapa
aktivitas, aktivita itu banyak ragamnya namun dapat dikategorikan menjadi
prosedur-prosedur dan penyerahan.
Harjanto,
Perencanaan Pengajaran, Rineka Cipta, Jakarta, 2008, Hlm. 3.
25. Perencaan Pembelajaran adalah upya penataan pembelajaran siswa agar
muncul prilaku belajar.
Hamzah B.
Uno, Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan
Efektif, PT Bumi Aksara, Jakarta, Hlm. 87.
Kesimpulan :
Perencanaan Pembelajaran adalah
suatu rancangan tindakan yang dibuat oleh Pendidik agar proses pembelajaran
bisa dilaksanakan seefektif mungkin pada siswa, sehingga tujuan dari yang diinginkan
pendidik dan siswa tercapai di masa datang.
Komentar
Posting Komentar