Langsung ke konten utama

Agenda kerja BK


AGENDA KERJA
PELAYANAN BIMBINGAN KONSELING

SEKOLAH/MADRASAH    : SMA NEGERI 1 NGORO MOJOKERTO                                     BULAN          : Juli
KELAS                                   : XI IA                                                                                                            MINGGU            : III dan IV

No.
Tanggal/Waktu
Jam
Sasaran Kegiatan
Kegiatan Layanan/ Pendukung
Materi Kegiatan
Alat Bantu
Tempat
Pelaksana
Keterangan
1.
18 Juli 2011
Jam ke 2 dan 5
Siswa kelas XI IA 1 dan XI IA 3
Layanan Informasi
Pengenalan dan pemahaman diri
Laptop, LCD
Ruang kelas XI IA 1 dan XI IA 3
Rahmad Fanani

2.
19 Juli 2011
Jam ke 1
Siswa kelas XI IA 2
Layanan Informasi
Pengenalan dan pemahaman diri
Laptop, LCD
Ruang kelas XI IA 2
Rahmad Fanani

3.
20 Juli 2011
Jam ke 6
Siswa kelas XI IA 4
Layanan Informasi
Pengenalan dan pemahaman diri
Laptop, LCD
Ruang kelas XI IA 4
Rahmad Fanani

4.
21 Juli 2011
Bebas
Siswa kelas XI IA 1
Layanan Bimbingan Kelompok
Mengenal diri sendiri
Laptop, LCD
R. Bimb. Kelompok
Rahmad Fanani

5.
22 Juli 2011
Bebas
Siswa kelas XI IA 4
Layanan Konseling Kelompok
Menyesuaikan
-
R. Kons. Kelompok
Rahmad Fanani

6.
23 Juli 2011
Bebas
Siswa kelas XI IA 1 sampai XI IA 4
Layanan Konseling Individu
Menyesuaikan
-
R. Kons. Individu
Rahmad Fanani

7.
25 Juli 2011
Jam ke 2 dan 5
Siswa kelas XI IA 1 dan XI IA 3
Layanan Informasi
Pengenalan dan pemahaman diri
Laptop, LCD
Ruang kelas XI IA 1 dan XI IA 3
Rahmad Fanani

8.
26 Juli 2011
Jam ke 1
Siswa kelas XI IA 2
Layanan Informasi
Pengenalan dan pemahaman diri
Laptop, LCD
Ruang kelas XI IA 2
Rahmad Fanani

9.
27 Juli 2011
Jam ke 6
Siswa kelas XI IA 4
Layanan Informasi
Pengenalan dan pemahaman diri
Laptop, LCD
Ruang kelas XI IA 4
Rahmad Fanani

10.
28 Juli 2011
Bebas
Siswa kelas XI IA 3
Layanan Bimbingan Kelompok
Mengenal diri sendiri
Laptop, LCD
R. Bimb. Kelompok
Rahmad Fanani

11.
29 Juli 2011
Bebas
Siswa kelas XI IA 2
Layanan Konseling Kelompok
Menyesuaikan
-
R.Kons. Kelompok
Rahmad Fanani

12.
30 Juli 2011
Bebas
Siswa kelas XI IA 1 sampai XI IA 4
Layanan Konseling Individu
Menyesuaikan
-
R. Kons. Individu
Rahmad Fanani




DAFTAR KONSELI

No.
Nama Konseli
No. Induk
Kelas
Masalah yang dihadapi
Waktu Pelayanan
Jenis Pelayanan
1.
IKA SEPTIN WULANDARI
7301
XI IA 2
Merasa salah memilih jurusan
Insidental
Layanan konseling Individu
2.
SAMSUL ARIFIN
7355
XI IA 3
Sering terlambat datang ke sekolah
Insidental
Layanan konseling Individu
3.
NUR SYAMSI M
7327
XI IA 4
Merasa terasing di dalam kelas
Insidental
Layanan konseling individu



KEBUTUHAN DAN PERMASALAHAN SISWA

Sekolah                       : SMA NEGERI 1 NGORO MOJOKERTO
Kelas                           : XI IA

No.
Nama Siswa
No. Induk
Masalah-masalah yang dihadapi siswa
Keterangan
Hasil Observasi
Hasil AUM/MPCL
1.
IKA SEPTIN WULANDARI
7301
Kemampuan dalam bidang eksakta cebderung lemah
Belajar
Siswa memilih jurusan IA karena menurutnya jurusan IA adalah jurusan yang menjenuhkan, selain itu bidang eksak bukan merupakan bidang yang digemarinya.
2.
SAMSUL ARIFIN
7355
Tidak bersemangat untuk bersekolah
Keluarga
Siswa sering tidur terlalu larut malam dan akhirnya bangun kesiangan.
3.
NUR SYAMSI M
7327
Tidak banyak berbicara
Hubungan sosial
Cenderung menyendiri, pemalu dan jarang sekali bergaul dengan teman-temannya



Laporan Pelaksanaan Program
Pelayanan Konseling


Sekolah/Madrasah       : SMA NEGERI 1 NGORO MOJOKERTO                                                 Bulan               : Juli 2011
Kelas                           : XI IA                                                                                                                        Minggu            : III - IV
                                                                                                                                                            Konselor          : Rahmad Fanani

No.
Tanggal/
Waktu
Jam Pemb
Sasaran Kegiatan
Kegiatan Layanan /Pendukung
Materi Kegiatan
Evaluasi
Hasil
Proses
1.
18 Juli 2011
Jam ke 2 dan 5
Siswa kelas XI IA 1 dan XI IA 3
Layanan Informasi
Pengenalan dan pemahaman diri
100%
Terlaksana
2.
19 Juli 2011
Jam ke 1
Siswa kelas XI IA 2
Layanan Informasi
Pengenalan dan pemahaman diri
100%
Terlaksana
3.
20 Juli 2011
Jam ke 6
Siswa kelas XI IA 4
Layanan Informasi
Pengenalan dan pemahaman diri
100%
Terlaksana
4.
21 Juli 2011
Bebas
Siswa kelas XI IA 1
Layanan Bimbingan Kelompok
Mengenal diri sendiri
100%
Terlaksana
5.
22 Juli 2011
Bebas
Siswa kelas XI IA 4
Layanan Konseling Kelompok
Menyesuaikan
80%
Terlaksana
6.
23 Juli 2011
Bebas
Siswa kelas XI IA 1 sampai XI IA 4
Layanan Konseling Individu
Menyesuaikan
75%
Terlaksana
7.
25 Juli 2011
Jam ke 2 dan 5
Siswa kelas XI IA 1 dan XI IA 3
Layanan Informasi
Pengenalan dan pemahaman diri
100%
Terlaksana
8.
26 Juli 2011
Jam ke 1
Siswa kelas XI IA 2
Layanan Informasi
Pengenalan dan pemahaman diri
100%
Terlaksana
9.
27 Juli 2011
Jam ke 6
Siswa kelas XI IA 4
Layanan Informasi
Pengenalan dan pemahaman diri
100%
Terlaksana
10
28 Juli 2011
Bebas
Siswa kelas XI IA 3
Layanan Bimbingan Kelompok
Mengenal diri sendiri
100%
Terlaksana
11.
29 Juli 2011
Bebas
Siswa kelas XI IA 2
Layanan Konseling Kelompok
Menyesuaikan
85%
Terlaksana
12.
30 Juli 2011
Bebas
Siswa kelas XI IA 1 XI IA 4
Layanan Konseling Individu
Menyesuaikan
75%
Terlaksana
           


LAPORAN KONSELING INDIVIDUAL

Nama
Masalah
Faktor Penyebab
Proses
Strategi/Teknik
Hasil
IKA SEPTIN WULANDARI
Merasa salah memilih jurusan
Siswa sebenarnya tidak tertarik dengan jurusan IA karena dia beranggapapn bahwa IA adalah jurusan yang menjenuhkan
Identifikasi masalah, menentukan strategi, evaluasi, tindak lanjut.
Cognitive Restructuring
Siswa mulai merubah pikirannya agar dapat lebih menyukai bidang eksakta
SAMSUL ARIFIN
Sering terlambat datang ke sekolah
Siswa sering tidur terlalu larut malam dan akhirnya bangun kesiangan.
Identifikasi masalah, menentukan strategi, evaluasi, tindak lanjut.
Self-Management
Siswa mampu mengatur jadwal tidurnya
NUR SYAMSI M
Merasa terasing di dalam kelas
Cenderung menyendiri, pemalu dan jarang sekali bergaul dengan teman-temannya
Identifikasi masalah, menentukan strategi, evaluasi, tindak lanjut.
Modelling simbolis
Siswa mampu belajar untuk bergaul.



LAPORAN KONSELING KELOMPOK

Nama
Masalah
Faktor Penyebab
Proses
Strategi/Teknik
Hasil
DAVID EFENDI
Sering merokok
Awalnya hanya ingin coba-coba tapi akhirnya menjadi kebiasaan
Identifikasi masalah, menentukan strategi, eavaluasi, tindak lanjut.
Self management
Mulai bisa mengurangi kebiasaan merokok
NUNIK MAULIDA
Nilai matematika jelek
Takut pada guru matematika dan menganggap matematika itu sulit
Identifikasi masalah, menentukan strategi, eavaluasi, tindak lanjut.
Cognitive restructuring
Tidak lagi takut pada guru matematika dan mulai belajar menyukai matematika



LAPORAN KONSULTASI

No.
Nama Konsulte
Masalah
Cara Pemecahan
Tindak Lanjut
1.
MISBACHUL MUNIR
Sulit beradaptasi dengan kelas baru
Layanan orientasi
Pemantauan terhadap konseli
2.
NUR AINI
Lambat belajar
Layanan penguasaan konten
Pemantauan terhadap prestasi akademik



LAPORAN BIMBINGAN KELOMPOK

NO.
NAMA
TOPIK
PROSES
HASIL
1.       
UMI DIANAWATI, JAUHAR MUKLAS, WINARNI, DKK
Mengenal diri sendiri
-          Tahap pembentukan
-          Tahap peralihan
-          Tahap kegiatan
-          Tahap pengakhiran
Siswa mampu mengenali dirinya sendiri baik secara fisik dan psikisnya.
2.       
KRISNA EKA SAPUTRA, MUHAMMAD FARIS, ANI WAHYU AGUSTIN, DKK
Mengenal diri sendiri
-          Tahap pembentukan
-          Tahap peralihan
-          Tahap kegiatan
-          Tahap pengakhiran
Siswa mampu mengenali dirinya sendiri baik secara fisik dan psikisnya.



PEMANFAATAN MEDIA BK DALAM LAYANAN BIMBINGAN KONSELING

No.
Jenis Layanan
Materi/masalah
Media yang dibutuhkan
Gambaran ringkas isi media
1.
Layanan Informasi
Pengenalan dan pemahaman diri
Laptop dan LCD
Slide show mengenai materi pengenalan dan pemahaman diri
2.
Layanan Bimbingan Kelompok
Mengenal diri sendiri
Laptop dan LCD
Slide show dan gambar atau video mengenai materi mengenal diri sendiri
3.
Layanan Konseling Kelompok
Menyesuaikan
Perangkat permainan kecil
Perangkat permainan ini digunakan dalam pembentukan hubungan sebelum pelaksanaan konseling kelompok.
4.
Layanan Konseling Individu
Menyesuaikan
Alat tulis dan kertas
Media memperjelas apa yang disampaikan kepada konseli pada saat konseling individu.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

sejarah pak Harto

Sebelum pak Harto tutup usia, kita juga harus melihat kebelakang yakni ke zaman Orde Baru...apa saja yang berhasil dan tidak berhasil disukseskan oleh beliau dengan kroni-kroninya (dari berbagai sumber): Kelebihan daripada Orde Baru adalah: -perkembangan GDP per kapita Indonesia yang pada tahun 1968 hanya AS$70 dan pada 1996 telah mencapai lebih dari AS$1.000 -sukses transmigrasi -sukses KB -sukses memerangi buta huruf -sukses swasembada pangan -pengangguran minimum -sukses REPELITA (Rencana Pembangunan Lima Tahun) -sukses Gerakan Wajib Belajar -sukses Gerakan Nasional Orang-Tua Asuh -sukses keamanan dalam negeri -investor asing mau menanamkan modal di Indonesia -sukses menumbuhkan rasa nasionalisme dan cinta produk dalam negeri Kekurangan Pemerintahan Orde Baru: -semaraknya korupsi, kolusi, nepotisme -pembangunan Indonesia yang tidak merata dan timbulnya kesenjangan pembangunan antara pusat dan daerah, sebagian disebabkan  karena kekayaan daerah ...
Sejarah peminatan kelas X Berdasarkan paparan dibawah ini, buatlah tabel perbedaan Pithecantropus Erectus dan Homo Erectus …. . Tengkorak  Pithecanthropus  erectus  dari  Trinil  sangat  pendek  tetapi  memanjang  ke belakang. Volume otaknya sekitar 900 cc, di antara otak kera (600 cc) dan otak manusia modern (1.200-1.400 cc). Tulang kening sangat menonjol dan di bagian belakang mata, terdapat penyempitan yang sangat jelas, menandakan otak yang belum berkembang. Pada bagian belakang kepala terlihat bentuk yang meruncing yang diduga pemiliknya merupakan perempuan. Berdasarkan kaburnya sambungan perekatan antartulang kepala, ditafsirkan individu ini telah mencapai usia dewasa. Temuan Homo erectus juga ditemukan di Ngandong, yaitu sebuah desa di tepian Bengawan Solo, Kabupaten Blora, Jawa Tengah. Tengkorak Homo erectus Ngandong berukuran besar dengan volume otak rata-rata 1.100 cc. Ciri-ciri ini menunjukkan Homo erectus ini lebih maju bila d...

SKENARIO BK

SKENARIO BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK DISKUSI KELOMPOK TAHAP PEMBENTUKAN ·          Pembukaan dengan mengucapkan salam. ·          Konselor mengucapkan ucapan terima kasih kepada para anggota kelompok atas kehadiran mereka. ·          Konselor membuka bimbingan kelompok dengan berdoa bersama dengan dipimpin oleh anggota kelompok yang telah disepakati. ·          Konselor memperkenalkan diri dan dilanjutkan oleh anggota kelompok untuk memperkenalkan diri dengan gaya dan ciri khas masing-masing. ·          Melakukan permainan untuk pengakraban antar anggota kelompok menggunakan permainan dengan nama “SIAPA DIA”.   Permainan   pengakraban ini dengan cara konseli menuliskan ciri-ciri yang ada pada dirinya, apa yang dibenci dan apa yang disukai pada selembar kertas. S...