AGENDA
KERJA
PELAYANAN
BIMBINGAN KONSELING
SEKOLAH/MADRASAH : SMA NEGERI 1 NGORO MOJOKERTO BULAN : Juli
KELAS : XI IA MINGGU : III dan IV
No.
|
Tanggal/Waktu
|
Jam
|
Sasaran
Kegiatan
|
Kegiatan
Layanan/ Pendukung
|
Materi
Kegiatan
|
Alat Bantu
|
Tempat
|
Pelaksana
|
Keterangan
|
1.
|
18
Juli 2011
|
Jam
ke 2
dan 5
|
Siswa
kelas XI IA 1 dan XI IA 3
|
Layanan
Informasi
|
Pengenalan dan
pemahaman diri
|
Laptop,
LCD
|
Ruang
kelas XI IA 1 dan XI IA 3
|
Rahmad Fanani
|
|
2.
|
19
Juli 2011
|
Jam
ke 1
|
Siswa
kelas XI IA 2
|
Layanan
Informasi
|
Pengenalan dan
pemahaman diri
|
Laptop,
LCD
|
Ruang
kelas XI IA 2
|
Rahmad Fanani
|
|
3.
|
20
Juli 2011
|
Jam
ke 6
|
Siswa
kelas XI IA 4
|
Layanan
Informasi
|
Pengenalan dan
pemahaman diri
|
Laptop,
LCD
|
Ruang
kelas XI IA 4
|
Rahmad Fanani
|
|
4.
|
21
Juli 2011
|
Bebas
|
Siswa
kelas XI IA 1
|
Layanan
Bimbingan Kelompok
|
Mengenal diri
sendiri
|
Laptop,
LCD
|
R.
Bimb. Kelompok
|
Rahmad Fanani
|
|
5.
|
22
Juli 2011
|
Bebas
|
Siswa
kelas XI IA 4
|
Layanan
Konseling Kelompok
|
Menyesuaikan
|
-
|
R.
Kons. Kelompok
|
Rahmad Fanani
|
|
6.
|
23
Juli 2011
|
Bebas
|
Siswa
kelas XI IA 1 sampai XI IA 4
|
Layanan
Konseling Individu
|
Menyesuaikan
|
-
|
R.
Kons. Individu
|
Rahmad Fanani
|
|
7.
|
25
Juli 2011
|
Jam
ke 2
dan 5
|
Siswa
kelas XI IA 1 dan XI IA 3
|
Layanan
Informasi
|
Pengenalan
dan pemahaman diri
|
Laptop,
LCD
|
Ruang
kelas XI IA 1 dan XI IA 3
|
Rahmad Fanani
|
|
8.
|
26
Juli 2011
|
Jam
ke 1
|
Siswa
kelas XI IA 2
|
Layanan
Informasi
|
Pengenalan dan
pemahaman diri
|
Laptop,
LCD
|
Ruang
kelas XI IA 2
|
Rahmad Fanani
|
|
9.
|
27
Juli 2011
|
Jam
ke 6
|
Siswa
kelas XI IA 4
|
Layanan
Informasi
|
Pengenalan dan
pemahaman diri
|
Laptop,
LCD
|
Ruang
kelas XI IA 4
|
Rahmad Fanani
|
|
10.
|
28
Juli 2011
|
Bebas
|
Siswa
kelas XI IA 3
|
Layanan
Bimbingan Kelompok
|
Mengenal diri
sendiri
|
Laptop,
LCD
|
R.
Bimb. Kelompok
|
Rahmad Fanani
|
|
11.
|
29
Juli 2011
|
Bebas
|
Siswa
kelas XI IA 2
|
Layanan
Konseling Kelompok
|
Menyesuaikan
|
-
|
R.Kons.
Kelompok
|
Rahmad Fanani
|
|
12.
|
30
Juli 2011
|
Bebas
|
Siswa
kelas XI IA 1 sampai XI IA 4
|
Layanan
Konseling Individu
|
Menyesuaikan
|
-
|
R.
Kons. Individu
|
Rahmad Fanani
|
|
DAFTAR KONSELI
No.
|
Nama Konseli
|
No. Induk
|
Kelas
|
Masalah yang
dihadapi
|
Waktu Pelayanan
|
Jenis
Pelayanan
|
1.
|
IKA SEPTIN
WULANDARI
|
7301
|
XI IA 2
|
Merasa salah
memilih jurusan
|
Insidental
|
Layanan konseling Individu
|
2.
|
SAMSUL ARIFIN
|
7355
|
XI IA 3
|
Sering terlambat datang ke sekolah
|
Insidental
|
Layanan konseling Individu
|
3.
|
NUR SYAMSI M
|
7327
|
XI IA 4
|
Merasa terasing
di dalam kelas
|
Insidental
|
Layanan konseling individu
|
KEBUTUHAN DAN PERMASALAHAN SISWA
Sekolah : SMA NEGERI 1 NGORO MOJOKERTO
Kelas :
XI IA
No.
|
Nama Siswa
|
No. Induk
|
Masalah-masalah
yang dihadapi siswa
|
Keterangan
|
|
Hasil Observasi
|
Hasil AUM/MPCL
|
||||
1.
|
IKA SEPTIN
WULANDARI
|
7301
|
Kemampuan dalam
bidang eksakta cebderung lemah
|
Belajar
|
Siswa memilih
jurusan IA karena menurutnya jurusan IA adalah jurusan yang menjenuhkan,
selain itu bidang eksak bukan merupakan bidang yang digemarinya.
|
2.
|
SAMSUL ARIFIN
|
7355
|
Tidak bersemangat
untuk bersekolah
|
Keluarga
|
Siswa sering
tidur terlalu larut malam dan akhirnya bangun kesiangan.
|
3.
|
NUR SYAMSI M
|
7327
|
Tidak banyak
berbicara
|
Hubungan sosial
|
Cenderung
menyendiri, pemalu dan
jarang sekali bergaul dengan teman-temannya
|
Laporan Pelaksanaan Program
Pelayanan Konseling
Sekolah/Madrasah : SMA NEGERI 1 NGORO MOJOKERTO Bulan : Juli 2011
Kelas : XI IA Minggu : III - IV
Konselor : Rahmad Fanani
No.
|
Tanggal/
Waktu
|
Jam Pemb
|
Sasaran
Kegiatan
|
Kegiatan
Layanan /Pendukung
|
Materi
Kegiatan
|
Evaluasi
|
|
Hasil
|
Proses
|
||||||
1.
|
18 Juli 2011
|
Jam
ke 2
dan 5
|
Siswa
kelas XI IA 1 dan XI IA 3
|
Layanan Informasi
|
Pengenalan dan
pemahaman diri
|
100%
|
Terlaksana
|
2.
|
19 Juli 2011
|
Jam
ke 1
|
Siswa
kelas XI IA 2
|
Layanan Informasi
|
Pengenalan dan
pemahaman diri
|
100%
|
Terlaksana
|
3.
|
20 Juli 2011
|
Jam
ke 6
|
Siswa
kelas XI IA 4
|
Layanan Informasi
|
Pengenalan dan
pemahaman diri
|
100%
|
Terlaksana
|
4.
|
21 Juli 2011
|
Bebas
|
Siswa
kelas XI IA 1
|
Layanan Bimbingan Kelompok
|
Mengenal diri
sendiri
|
100%
|
Terlaksana
|
5.
|
22 Juli 2011
|
Bebas
|
Siswa
kelas XI IA 4
|
Layanan Konseling Kelompok
|
Menyesuaikan
|
80%
|
Terlaksana
|
6.
|
23 Juli 2011
|
Bebas
|
Siswa
kelas XI IA 1 sampai XI IA 4
|
Layanan Konseling Individu
|
Menyesuaikan
|
75%
|
Terlaksana
|
7.
|
25 Juli 2011
|
Jam
ke 2
dan 5
|
Siswa
kelas XI IA 1 dan XI IA 3
|
Layanan Informasi
|
Pengenalan
dan pemahaman diri
|
100%
|
Terlaksana
|
8.
|
26 Juli 2011
|
Jam
ke 1
|
Siswa
kelas XI IA 2
|
Layanan Informasi
|
Pengenalan dan
pemahaman diri
|
100%
|
Terlaksana
|
9.
|
27 Juli 2011
|
Jam
ke 6
|
Siswa
kelas XI IA 4
|
Layanan Informasi
|
Pengenalan dan
pemahaman diri
|
100%
|
Terlaksana
|
10
|
28 Juli 2011
|
Bebas
|
Siswa
kelas XI IA 3
|
Layanan Bimbingan Kelompok
|
Mengenal diri
sendiri
|
100%
|
Terlaksana
|
11.
|
29 Juli 2011
|
Bebas
|
Siswa
kelas XI IA 2
|
Layanan Konseling Kelompok
|
Menyesuaikan
|
85%
|
Terlaksana
|
12.
|
30 Juli 2011
|
Bebas
|
Siswa
kelas XI IA 1 XI IA 4
|
Layanan Konseling Individu
|
Menyesuaikan
|
75%
|
Terlaksana
|
LAPORAN
KONSELING INDIVIDUAL
Nama
|
Masalah
|
Faktor
Penyebab
|
Proses
|
Strategi/Teknik
|
Hasil
|
IKA SEPTIN WULANDARI
|
Merasa salah
memilih jurusan
|
Siswa sebenarnya
tidak tertarik dengan jurusan IA karena dia beranggapapn bahwa IA adalah
jurusan yang menjenuhkan
|
Identifikasi
masalah, menentukan strategi, evaluasi, tindak lanjut.
|
Cognitive
Restructuring
|
Siswa
mulai merubah pikirannya agar dapat lebih
menyukai bidang eksakta
|
SAMSUL ARIFIN
|
Sering terlambat datang ke sekolah
|
Siswa sering
tidur terlalu larut malam dan akhirnya bangun kesiangan.
|
Identifikasi
masalah, menentukan strategi, evaluasi, tindak lanjut.
|
Self-Management
|
Siswa
mampu mengatur jadwal tidurnya
|
NUR SYAMSI M
|
Merasa terasing
di dalam kelas
|
Cenderung
menyendiri, pemalu dan
jarang sekali bergaul dengan teman-temannya
|
Identifikasi
masalah, menentukan strategi, evaluasi, tindak lanjut.
|
Modelling simbolis
|
Siswa mampu belajar untuk bergaul.
|
LAPORAN
KONSELING KELOMPOK
Nama
|
Masalah
|
Faktor
Penyebab
|
Proses
|
Strategi/Teknik
|
Hasil
|
DAVID EFENDI
|
Sering merokok
|
Awalnya hanya ingin coba-coba tapi akhirnya menjadi
kebiasaan
|
Identifikasi
masalah, menentukan strategi, eavaluasi, tindak lanjut.
|
Self
management
|
Mulai bisa mengurangi kebiasaan merokok
|
NUNIK MAULIDA
|
Nilai matematika jelek
|
Takut pada guru matematika dan menganggap matematika
itu sulit
|
Identifikasi
masalah, menentukan strategi, eavaluasi, tindak lanjut.
|
Cognitive
restructuring
|
Tidak lagi takut pada guru matematika dan mulai belajar
menyukai matematika
|
LAPORAN KONSULTASI
No.
|
Nama
Konsulte
|
Masalah
|
Cara
Pemecahan
|
Tindak
Lanjut
|
1.
|
MISBACHUL MUNIR
|
Sulit beradaptasi dengan
kelas baru
|
Layanan orientasi
|
Pemantauan terhadap konseli
|
2.
|
NUR AINI
|
Lambat belajar
|
Layanan penguasaan konten
|
Pemantauan terhadap prestasi
akademik
|
LAPORAN BIMBINGAN KELOMPOK
NO.
|
NAMA
|
TOPIK
|
PROSES
|
HASIL
|
1.
|
UMI DIANAWATI, JAUHAR MUKLAS,
WINARNI, DKK
|
Mengenal diri sendiri
|
-
Tahap pembentukan
-
Tahap peralihan
-
Tahap kegiatan
-
Tahap pengakhiran
|
Siswa mampu mengenali dirinya
sendiri baik secara fisik dan psikisnya.
|
2.
|
KRISNA EKA SAPUTRA, MUHAMMAD
FARIS, ANI WAHYU AGUSTIN, DKK
|
Mengenal diri sendiri
|
-
Tahap pembentukan
-
Tahap peralihan
-
Tahap kegiatan
-
Tahap pengakhiran
|
Siswa mampu mengenali dirinya
sendiri baik secara fisik dan psikisnya.
|
PEMANFAATAN MEDIA BK DALAM LAYANAN BIMBINGAN
KONSELING
No.
|
Jenis
Layanan
|
Materi/masalah
|
Media
yang dibutuhkan
|
Gambaran
ringkas isi media
|
1.
|
Layanan Informasi
|
Pengenalan dan pemahaman diri
|
Laptop dan LCD
|
Slide show mengenai materi
pengenalan dan pemahaman diri
|
2.
|
Layanan Bimbingan Kelompok
|
Mengenal diri sendiri
|
Laptop dan LCD
|
Slide show dan gambar atau
video mengenai materi mengenal diri sendiri
|
3.
|
Layanan Konseling Kelompok
|
Menyesuaikan
|
Perangkat permainan kecil
|
Perangkat permainan ini
digunakan dalam pembentukan hubungan sebelum pelaksanaan konseling kelompok.
|
4.
|
Layanan Konseling Individu
|
Menyesuaikan
|
Alat tulis dan kertas
|
Media memperjelas apa yang
disampaikan kepada konseli pada saat konseling individu.
|
Komentar
Posting Komentar