rencana pelaksanaan Bimbingan Konseling
TAHUN PELAJARAN 2011/2012
A. Identitas :
Nama Sekolah :
SMA Negeri 1 Ngoro
Kelas / Semester :
XII IPA dan XII IPS / Gasal
Waktu :
1 x 45 menit
Pertemuan :
Pertama
Topik Pembahasan : Konsep dasar untuk sukses ujian
Bidang Bimbingan :
Belajar
Jenis Layanan :
Informasi
B. Standart Kompetensi
Kemandirian :
Kematangan
intelektual
Internalisasi Tujuan :
Mengambil keputusan dan pemecahan masalah atas dasar
informasi/data secara obyektif .
C. Tujuan Layanan / Hasil
yang ingin dicapai
Siswa mampu memahami
berbagai macam jenis ujian dan mengetahui persyaratan kelulusannya.
D. Materi
Bab 1 : Konsep dasar untuk sukses ujian
E. Uraian Kegiatan
Pendahuluan (± 10 menit)
1.
Salam Pembuka
2. Mengkondisikan siswa agar
tertarik pada layanan yang akan diberikan dengan cara pemberian motivasi atau
tanya jawab yang berhubungan dengan materi layanan.
3. Menyampaikan inti tujuan
pemberian layanan yang akan diberikan kepada siswa.
Kegiatan Inti (± 30 menit)
1.
Setelah siswa tertarik
pada materi layanan, guru pemula menyampaikan pokok bahasan, serta memberikan
gambaran tentang pentingnya mengetahui beragam
jenis ujian dan berbagai macam syarat kelulusannya.
2.
Mempresentasikan materi layanan tentang persyaratan kelulusan dan berbagai
jenis ujian yang akan dihadapi oleh para siswa.
3.
Mendiskusikan bersama para siswa tentang materi yang telah disampaikan.
Penutup (± 5 menit)
1. Merangkum serta menyimpulkan
kembali tentang proses pemberian layanan yang baru saja dilaksanakan.
2. Memberikan tugas individu
mencari informasi mengenai nilai minimal ujian nasional dan ujian sekolah pada
tahun pelajaran yang lalu dan kemudian menentukan target nilai yang ingin
dicapai pada ujian yang akan datang dengan asumsi bahwa nilai tahun ini naik
0,25.
3.
Salam Penutup
F. Metode
Ceramah dan tanya jawab
G. Media / Alat
White
board, Spidol, LCD dan Laptop
H. Evaluasi
-
Evaluasi proses :
Selama kegiatan siswa bertanya tentang materi
yang diberikan
-
Evaluasi hasil :
Siswa antusias dalam menanggapi materi tentang persyaratan kelulusan
I. Sumber Materi
Buku paket BK, internet
J. Anggaran
Rp.
0,-
K.
Catatan

Mojokerto, Juli 2011
Mengetahui,
Kepala
Sekolah Guru Pembimbing,
Dra. WAHYU WIDAYATI Rahmad Fanani
NIP. 19660101199303 2
010 NIP. 11050381010839
BAHAN MATERI
KONSEP DASAR UNTUK SUKSES UJIAN
Profesi,
pekerjaan dan karir mulai dibangun sejak seseorang belajar dilembaga pendidikan
tertentu. Keberhasilan atau kegagalan meniti profesi dapat ditentukan sejak
kamu menjalani masa studi di SMP, SMA ata perguruan tinggi.
Belajar
memiliki makna yang sangat luas. Makna mendasar yang tersirat dari belajar
adlah suatu proses untuk berubah ; dari tidak bisa menjadi bisa, dari tidak
tahu menjadi tahu, dari pengangguran menjadi punya pekerjaan, dari tidak
memiliki menjadi memiliki profesi, dari tidak punya karier menjadi punya
karier. Belajar berlangsung sepangjang hayat. Sebgai proses perubahan, belajar
merupakan aktivits yang disengaja untuk menghadirkan diri pada atmosfer atau
lingkungan lain yang sengaja dibuat.
PERSYARATAN KELULUSAN
Sekolah
merupakan lingkungan yang sengaja dibangun sebagai tempat melaksanakan proses
belajar. Di sekolah berlangsung transfer berbagai macam ilmu pengetahuan,
budaya maupun bagaimana cara seseorang bertingkah laku. Untuk melihat hasil
dari proses belajar di sekolah
dilaksanakan evaluasi. Evaluasi dapat berupa penegasan, ulangan harian, ulangan
tengah semester maupun ujian akhir.
1. Pemahaman tentang Standar Kelulusan
Standar
kelulusan adalah persyaratan minimal
seorang peserta didik setelah mengikuti kegiatan pmbelajaran tiga tahun.
Standar kelulusan setiap satuan pendidikan (sekolah) dapat berbeda-beda. Dalam
menentukan nilai standar kelulusan pada sekolah tersebut biasanya melibatkan
kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru (MGMP sekolah), komite sekolah dan
perwakilan OSIS. Penentuan batas minimal kelulusan dilaksanakan berdasarkan
rapat kerja awla tahun pelajaran. Standar kelulusan pada satu sekolah bisa sama
atau berbeda dengan kelulusan yang ditentukan oleh Badan Standar Nasional
Pendidikan (BSNP). Salah satu contoh, standar kelulusan tahun 2010 berdasarkan
ketentuan BSNP, yaitu 1. Peserta didik harus mengikuti seluruh program yang
diselenggarakan sekolah tersebut, 2. Memiliki budi pekerti dan akhlak yang
baik, 3. Lulus ujian local yang diselenggarakan masing-masing sekolah dan, 4. Lulus
ujian sekolah.
2. Pemahaman tentang Ujian Nasional
Ujian akhir
di SMA dilaksanakan dengan cara Ujian Nasional (UN), Ujian Sekolah (US), dan
Ujian Praktik (UP). Pelaksanaan Ujian Nasioanl bagi siswa di Indonesia
sepertinya sulit ditiadakan. Selian diperlukan uktuk menjaga kualitas
pendidikan Indonesia, juga diharapkan menjadi bagian terpenting untuk mencegah
agar guru tidak subjektif dalam memberikan penilaian. Tidak hanya itu,
pentingnya penyelenggaraan UN terjadi pada saat seorang peserta didik akan
memasuki jenjang pendidika yang lebih tinggi atau ketika akan melamar kerja.
Misalnya, ketika siswa A dari sekolah X mendapat nilai 5, satu siswa lagi si B
dari sekolah Y mendapat nilai 7, kalau tidak ada UN, penilaian dari seorang
guru sangat relative. Untuk itulah, pentingnya UN menjadi alat untuk mengetahui
pendidikan di suatu tempat. Dengan UN, pihak stakeholder, baik perguruan tinggi, perusahaan swasta atau instansi
pemerintah bisa mengetahui kualitas pendidikan di suatu tempat.
Ujian akhir
nasional adalah bentuk ujian yang akan menentukan kelulusan peserta didik dari
satuan pendidikan, untuk dapat melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih
tinggi atau tidak.acuan kompetensi lulusan secara nasional terletak pada mata
pelajaran tertentu dalam kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi
dalam upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan.
Nilai
minimal ujian nasional setiap tahun selalu berubah dan cenderung meningkat.
Sebagai contoh, rata-rata standar kelulusan pada ujian nasional (UN) 2010
minimal harus 5,50. Nilai minimal untuk seluruh mata pelajaran yang diujikan
4,00 paling banyak dua mata pelajaran
dan minimal 4,25 untuk mata pelajaran lainny. Adapun mata pelajaran
ujian nasional untuk jurusan IPA adalah bahasa Indonesia, bahasa inggris,
matematika, ekonomi, geografi, dan sosiologi. Sementara untuk jurusan ilmu
pengetahuan bahasa adalah bahasa Indonesia, bahasa inggris, matematika, sastra
Indonesia, sejarah, antropologi, dan bahasa asing pilihan.
Ujian
nasional bukan hanya dilaksanakan untuk SMA, tetapi juga untuk sekolah menengah
kejuruan (SMK) dan madrasah aliyah (MA). Mata pelajaran yang diujikan untuk SMK
adalah bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, dan Teori kejuruan,
sedangkan untuk MA adalah Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, Ilmu
Tafsir, Ilmu Hadis, dan ilmu Kalam.
3.
Pemahaman tentang Ujian Sekolah
Ujian
Sekolah (US) adalah ujian yang diselenggarakan oleh sekolah. Soal dan pengawas
ujian berasal dari guru di sekolah penyelenggara ujian. Ujian Sekolah SMA, MA,
SMALB, dan SMK dilaksanakan oleh sekolah/madrasah sesuai dengan kalender
pendidikan yang berlaku.
4.
Pemahaman tentang Ujian Praktek
Ujian
Praktik penyelenggaraannya sama halnya dengan pelaksanaan Ujian Sekolah, yaitu
diselenggarakan oleh sekolah, soal serta pengawas ujian berasal dari guru di
sekolah penyelenggara ujian. Ujian Praktik untuk Sekolah/Madrasah ditetapkan
oleh sekolah/madrasah sesuai dengan kalender pendidikan yang berlaku.
Mata
pelajaran ujian praktik jurusan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), yaitu Fisika,
Kimia, danm Biologi yang dilaksanakan di laboratorium IPA; mata pelajaran TIK
dilaksanakan di laboratorium Komputer; mata pelajaran Agama dilaksanakan di
mushola atau ruangan yang dipersiapkan untuk kepentingan tersebut. Mata
pelajaran Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris bagi siswa jurusan IPA dan IPS
serta Bahasa Asing, bila ada jurusan Ilmu Pengetahuan Bahasa.
TUGAS
Carilah informasi mengenai nilai minimal ujian
nasional dan ujian sekolah tahun pelajaran yang lalu. Tentukan target nilai
yang ingin kamu capai di saat ujian nanti berdasarkan standar tersebut, dengan
asumsi nilai tahun ini naik 0,25. Tuliskan pada format berikut.
Mata Pelajaran
|
Ujian Nasional
|
Mata Pelajaran
|
Ujian Sekolah
|
||
Nilai minimal tahun lalu
|
Target nilai yang ingin kamu capai
|
Nilai minimal tahun lalu
|
Target nilai yang akan kamu capai
|
||
1. ................
2. ................
3. ................
4. ................
5. ................
6. ................
|
|
|
1. ................
2. ................
3. ................
4. ................
5. ................
6. ................
7. ................
|
|
|
rencana pelaksanaan Bimbingan Konseling
TAHUN PELAJARAN 2010/2011
A. Identitas :
Nama Sekolah :
SMA Negeri 1 Ngoro
Kelas / Semester :
XI IPA dan XI IPS / Gasal
Waktu :
1 x 45 menit
Pertemuan :
Pertama
Topik Pembahasan : Pengembangan Konsep Diri
Bidang Bimbingan :
Pribadi
Jenis Layanan :
Informasi
B. Standart Kompetensi
Kemandirian :
Pengembangan
Diri
Internalisasi Tujuan :
Menerima keunikan diri dengan segala kelebihan dan
kekurangannya
C. Tujuan Layanan / Hasil
yang ingin dicapai
Siswa mampu
mengetahui pengertian konsep diri secara umum dan mengenali tiga dimensi utama
konsep diri kemudian mampu menggunakan konsep diri pada dirinya sendiri.
D. Materi
Konsep Diri
E. Uraian Kegiatan
Pendahuluan (± 15 menit)
1.
Salam Pembuka
2.
Mengkondisikan siswa agar tertarik pada layanan yang diberikan dengan
pemberian motivasi atau tanya jawab
yang berhubungan dengan materi .
3.
Menyampaikan inti tujuan pemberian layanan yang akan diberikan kepada
siswa.
Kegiatan Inti (± 65 menit)
1. Setelah siswa tertarik pada
materi layanan, guru pemula menyampaikan pokok bahasan, serta memberikan
gambaran tentang pentingnya mempunyai konsep diri.
2.
Memberikan motivasi kepada siswa agar setiap siswa mempunyai konsep diri.
3.
Mempresentasikan materi layanan tentang konsep diri dan tiga dimensi utama
konsep diri.
4.
Mendiskusikan bersama para siswa tentang materi yang telah disampaikan.
Penutup (± 10 menit)
1. Merangkum serta menyimpulkan
kembali tentang proses pemberian layanan yang baru saja dilaksanakan.
2. Memberikan tugas individu
berupa membuat tulisan yang berisikan tentang deskripsi unsur konsep diri dari dirinya sendiri.
3.
Salam Penutup
F. Metode
Ceramah dan tanya jawab
G. Media / Alat
White
board, Spidol, LCD dan Laptop
H. Evaluasi
-
Evaluasi proses : Selama kegiatan siswa bertanya tentang materi yang diberikan
-
Evaluasi hasil :
Siswa antusias dalam menanggapi materi konsep diri
I. Sumber Materi
Buku paket BK, internet
J. Anggaran
Rp.
0,-
K.
Catatan

Mojokerto, Juli 2011
Mengetahui,
Kepala
Sekolah Guru Pembimbing,
Dra. WAHYU WIDAYATI Rahmad Fanani
NIP. 19660101199303 2
010 NIP. 11050381010839
BAHAN MATERI
KONSEP DIRI
Orang-orang sukses pada umumnya memiliki
konsep diri tinggi. Mereka yang gagal pun memiliki konsep diri, tetapi umumya
konsep diri rendah. Kesuksesan, kematangan dan kedewasaan didasari oleh konsep
diri yang tepat dan positif. Kegagalan, kemalasan, kerendahdirian, kesombongan
dan penyimpangan perilaku disebabkan oleh konsep diri yang salah, yaitu konsep
diri negatif.
Pakar psikologi mendefinisikan konsep diri
sebagai keseluruhan pemahaman, pandangan, penilaian, dan persepsi terhadap
dirinya sendiri. Dengan kata lain, bagaimana seseorang melihat, memandang,
menilai, menyikapi dan memposisikan dirinya sendiri itulah konsep diri.
Ada tiga dimensi utama konsep diri, yaitu
pengetahuan tentang siapa dirinya, ekspektasi diri dan penilaian terhadap diri
sendiri.
1. Pengetahuan tentang Siapa Dirinya
Sejauh mana seseorang tahu
tentang ciri-ciri dan karakteristik seperti apa yang dimiliki oleh dirinya sendiri, baik secara badaniah maupun kejiwaan.
Contohnya, saya bernama rudi,
umur 16 tahun, periang dan suka fisika.
2. Ekspektasi Diri
Sejumlah harapan dan hal yang
diinginkan terhadap dirinya sendiri. Pengharapan terhadap diri sendiri ini
disebut dengan istilah diri ideal.
Contohnya, saya ingin menjadi
dokter, ingin berkepribadian simpatik, ingin menjadi sosok yang bijaksana dan
sebagainya.
3. Penilaian terhadap Diri Sendiri
Bagaimana seseorang memandang,
menilai, mengukur, dan menempatkan dirinya.
Contohnya, saya menilai diri
saya itu periang, mampu dibidang hitung-menghitung, tetapi lemah di IPS.
Tugas
Unsur-unsur Konsep Diri
Mengenal konsep diri adalah perilaku cerdas yang
dapat lebih memudahkan untuk mengembangkan diri. Deskripsikan unsur-unsur konsep diri kalian pada
format berikut!
1. Ciri-ciri, sifat, karakteristik, dan
kebiasaan yang saya miliki adalah
.............................................................................................................................
2. Penilaian terhadap diri sendiri meliputi
a. Penilaian terhadap kondisi/kualitas fisik
dan penampilan
b. Penilaian terhadap sifat, pola pikir, dan
kemampuan intelektual
c. Penilaian terhadap kualitas
emosi/perasaan, kepekaan dan empati
d. Penilaian terhadap kualitas kebiasaan,
etika berbicara, sikap dan perilaku
e. Penilaian terhadap kualitas spiritualitas
dan amal ketakwaan
3. Harapan terhadap diri ingin menjadi diri
ideal seperti apa
a. Harapan terhadap perkembangan
kondisi/kualitas fisik/penampilan
b. Harapan terhadap pola pikir dan kemampuan
intelektual
c. Harapan terhadap pola emosi, kepekaan dan
empati
d. Harapan terhadap kebiasaan, pola bicara,
sikap perilaku
e. Harapan terhadap kualitas amal spirtual
dan ketakwaan
Komentar
Posting Komentar