Langsung ke konten utama

Unas MTK Ipa


1.    Turunan pertama dari y = cos2 (2x - p) adalah y’ =
(A)   -2 sin (4x - 2p)
(B)   -sin (4x - 2p)
(C)   -2 sin (2x - p) cos (2x - p)
(D)   4 sin (2x - p)
(E)   4 sin (2x - p) cos (2x - p)

2.      Dengan persediaan kain polos 20 m kain bergaris 10 m, seseorang penjahit akan membuat 2 model pakaian jadi. Model I memerlukan 1 m kain polos dan 1,5 m kain bergaris. Model II memerlukan 2 m kain polos dan 0,5 m kain bergaris. Bila pakaian tersebut dijual, setiap model I memperoleh untung Rp15.000,00 dan model II memperoleh untung Rp10.000,00. Laba maksimum yang diperoleh adalah sebanyak ....
(A)   Rp100.000,00             (D)  Rp200.000,00
(B)   Rp140.000,00             (E)  Rp300.000,00
(C)   Rp160.000,00

3.      Jika vektor  = ,  = , dan  = , maka vektor  + 2 - 3 sama dengan ....
(A)                  (C)               (E) 
(B)                  (D) 
4.      Diketahui vektor  =  dan vektor
 = . Jika proyeksi skalar ortogonal vektor  pada arah vektor  sama dengan setengah panjang vektor , maka nilai p = ....
(A)   -4 atau -2      (D)  8 atau -1
(B)   -4 atau 2         (E)  -8 atau 1
(C)   4 atau -2

5.      Persamaan garis singgung pada lingkaran
x2 + y2
- 2x + 4y - 4 = 0 yag tegak lurus garis 5x - 12y + 15 = 0 adalah ....
(A)   12x + 5y - 41 = 0 dan 12x + 5y + 37 = 0
(B)   12x + 5y + 41 = 0 dan 12x + 5y - 37 = 0
(C)   5x + 12y + 41 = 0 dan 5x + 12y + 37 = 0
(D)   5x + 12y - 41 = 0 dan 5x + 12y - 37 = 0
(E)   12x - 5y - 41 = 0 dan 12x - 5y + 37 = 0


 

6.                                               Persamaan parabola pada gambar di samping adalah ....


(A)  x2 + 2x + 2y + 5 = 0
(B)  x2 + 2x - 2y + 5 = 0
(C)  x2 + 2x - 2y - 5 = 0
(D)  x2 + 2x - 2y - 5 = 0
(E)  x2 - 2x - 2y - 5 = 0

7.      Persamaan ellips dengan fokus (2, 1) dan (8, 1) serta panjang sumbu mayor 10
adalah ....
(A)   16x2 + 25y2 + 160x + 50y + 25 = 0
(B)   16x2 + 25y2 + 160x - 50y + 25 = 0
(C)   16x2 + 25y2 - 160x - 50y + 25 = 0
(D)   25x2 + 16y2 + 50x - 160y + 25 = 0
(E)   25x2 + 16y2 - 50x + 160y + 25 = 0

8.      Titik potong sumbu X dengan salah satu asimtot hiperbola   - = 1 adalah ....
(A)  (-3, 0)                            (D)  (, 0)
(B)  (-6, 0)                            (E)  (3, 0)
(C)  (, 0)

9.      Suku banyak (x4 - 3x3 - 5x2 + x - 6) dibagi oleh (x2 - x - 2), sisanya sama dengan ....
(A)   16x + 8                         (D)  -8x - 16
(B)   16x - 8                         (E)  -8x - 24
(C)   -8x - 16

10.   Gradien garis singgung di sembarang titik pada suatu kurva ditentukan oleh rumus
y
¢ = 3x2 - 6x + 2. Jika kurva tersebut melalui titik (1, -5), maka persamaan kurvanya adalah ....
(A)   y = x3 - 3x2 + 2x + 5
(B)   y = x3 - 3x2 + 2x - 5
(C)   y = x3 - 3x2 + 2x - 1
(D)   y = x3 - 3x2 + 2x + 1
(E)   y = x3 - 3x2 + 2x

11.   Luas daerah pada kuadran I yang dibatasi oleh kurva y = x2 - 2x - 3, garis 5x - 3y - 5 = 0, dan sumbu X adalah ....
(A)   6 satuan luas          (D)  3 satuan luas
(B)   5 satuan luas          (E)  2 satuan luas
(C)   4 satuan luas

12.   Nilai dari = ....
(A)   -                 (C)  -                 (E) 
(B)   -                 (D) 

13.   Hasil dari 16  = ....
(A)   8(2x + 6) sin (2x - p) + 4 cos (2x - p) + C
(B)   8(2x + 6) sin (2x - p) - 4 cos (2x - p) + C
(C)   8(x + 3) sin (2x - p) + 4 cos (2x - p) + C
(D)   8(x + 3) sin (2x - p) - 4 cos (2x - p) + C
(E)   8(x + 3) cos (2x - p) + 4 sin (2x - p) + C

14.   T1 adalah transformasi rotasi pusat O dan sudut putar 90°. T2 adalah transformasi pencerminan terhadap garis y = -x. Bila koordinat peta titik A oleh transformasi T1 o T2 adalah A¢ (8, -6), maka koordinat titik A adalah ....
(A)   (-6, -8)            (C)  (6, 8)               (E)  (10, 8)
(B)   (-6, 8)              (D)  (8, 6)

15.   Persamaan peta kurva y = x2 - 3x + 2 karena pencerminan terhadap sumbu X dilanjutkan dilatasi dengan pusat O dan faktor skala 3 aadalah....
(A)   3y + x2 - 9x + 18 = 0
(B)   3y - x2 + 9x + 18 = 0
(C)   3y - x2 + 9x + 18 = 0
(D)   3y + x2 + 9x + 18 = 0
(E)   y + x2 + 9x - 18 = 0

16.   Diketahui kubus ABCD.EFGH dengan panjang rusuk 12 cm. K adalah titik tengah rusuk AB. Jarak titik K ke garis HC adalah ....
(A)  4cm                     (D)  9cm
(B)  6cm                     (E)  6cm
(C)  5cm

17.   Diketahui kubus ABCD.EFGH dengan rusuk 8 cm. Panjang proyeksi DE pada bidang BDHF adalah ....
(A)  2cm                     (D)  4cm
(B)  2cm                     (E)  8cm
(C)  4cm

18.   Pada limas segiempat beraturan T. ABCD yang semua rusuknya sama panjang. Sudut antara TA dan bidang ABCD adalah ....
(A)  15°                 (C)  45°                  (E)  75°
(B)  30°                 (D)  60°
19.   Ingkaran dari pernyataan “Semua makhluk hidup perlu makan dan minum.” adalah ....
(A) Semua makhluk hidup tidak perlu makan dan minum
(B)    Ada makhluk hidup yang tidak perlu makan atau minum
(C)    ada makhluk yang tidak perlu makan minum
(D)    Semua makhluk tidak hidup perlu makan dan minum
(E)    Semua makhluk hidup perlu makan tetapi tidak perlu minum

20.   Diberikan pernyataan-pernyataan sebagai berikut:
1.   Jika penguasaan matematika rendah, maka sulit untuk menguasai IPA
2.   IPA tidak sulit dikuasai atau IPTEK tidak berkembang.
3.   Jika IPTEK tidak berkembang, maka negara akan semakin tertinggal.
Dari ketiga pernyataan di atas, dapat disimpulkan ....
(A)    Jika penguasaan matematika rendah, maka negara akan semakin tertinggal.
(B)    Jika penguasaan matematika rendah, maka IPTEK berkembang.
(C)    IPTEK dan IPA berkembang.
(D)    IPTEK dan IPA tidak berkembang.
(E)    Sulit untuk memajukan negara.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

sejarah pak Harto

Sebelum pak Harto tutup usia, kita juga harus melihat kebelakang yakni ke zaman Orde Baru...apa saja yang berhasil dan tidak berhasil disukseskan oleh beliau dengan kroni-kroninya (dari berbagai sumber): Kelebihan daripada Orde Baru adalah: -perkembangan GDP per kapita Indonesia yang pada tahun 1968 hanya AS$70 dan pada 1996 telah mencapai lebih dari AS$1.000 -sukses transmigrasi -sukses KB -sukses memerangi buta huruf -sukses swasembada pangan -pengangguran minimum -sukses REPELITA (Rencana Pembangunan Lima Tahun) -sukses Gerakan Wajib Belajar -sukses Gerakan Nasional Orang-Tua Asuh -sukses keamanan dalam negeri -investor asing mau menanamkan modal di Indonesia -sukses menumbuhkan rasa nasionalisme dan cinta produk dalam negeri Kekurangan Pemerintahan Orde Baru: -semaraknya korupsi, kolusi, nepotisme -pembangunan Indonesia yang tidak merata dan timbulnya kesenjangan pembangunan antara pusat dan daerah, sebagian disebabkan  karena kekayaan daerah ...
Sejarah peminatan kelas X Berdasarkan paparan dibawah ini, buatlah tabel perbedaan Pithecantropus Erectus dan Homo Erectus …. . Tengkorak  Pithecanthropus  erectus  dari  Trinil  sangat  pendek  tetapi  memanjang  ke belakang. Volume otaknya sekitar 900 cc, di antara otak kera (600 cc) dan otak manusia modern (1.200-1.400 cc). Tulang kening sangat menonjol dan di bagian belakang mata, terdapat penyempitan yang sangat jelas, menandakan otak yang belum berkembang. Pada bagian belakang kepala terlihat bentuk yang meruncing yang diduga pemiliknya merupakan perempuan. Berdasarkan kaburnya sambungan perekatan antartulang kepala, ditafsirkan individu ini telah mencapai usia dewasa. Temuan Homo erectus juga ditemukan di Ngandong, yaitu sebuah desa di tepian Bengawan Solo, Kabupaten Blora, Jawa Tengah. Tengkorak Homo erectus Ngandong berukuran besar dengan volume otak rata-rata 1.100 cc. Ciri-ciri ini menunjukkan Homo erectus ini lebih maju bila d...

SKENARIO BK

SKENARIO BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK DISKUSI KELOMPOK TAHAP PEMBENTUKAN ·          Pembukaan dengan mengucapkan salam. ·          Konselor mengucapkan ucapan terima kasih kepada para anggota kelompok atas kehadiran mereka. ·          Konselor membuka bimbingan kelompok dengan berdoa bersama dengan dipimpin oleh anggota kelompok yang telah disepakati. ·          Konselor memperkenalkan diri dan dilanjutkan oleh anggota kelompok untuk memperkenalkan diri dengan gaya dan ciri khas masing-masing. ·          Melakukan permainan untuk pengakraban antar anggota kelompok menggunakan permainan dengan nama “SIAPA DIA”.   Permainan   pengakraban ini dengan cara konseli menuliskan ciri-ciri yang ada pada dirinya, apa yang dibenci dan apa yang disukai pada selembar kertas. S...