Suku Mojave merupakan Petani yang makmur dengan hasil pertanian jagung, labu, melon, buncis,gandum, kacang Pinon. Terkadang berburu ikan sampai batas tertentu dengan jaring dan perangkapo kayu . Mereka tidak menggunakan irigasi, tetapi bergantung pada penggenangan tanah untuk memasok kelembaban yang dibutuhkan, maka ketika tidak ada aliran air yang banyak maka panen mereka gagal. Penggunaan kulit dan tulang sangat sedikit, mereka menggenakan alat seperti bagian kulit kayu dalam pohon willow, serat sayuran, dll. Orang-orang Indian Mojave makan biji-bijian, kaktus, semanggi, ceri, plum, buah beri, buah pir berduri. Ada pembuat hujan. Dia mengumpulkan masyarakat. Lalu ia bernyanyi, berdoa, menari, dan meminta roh untuk hujan.
Perdagangan hingga mencapai Samudra Pasifik diperdagangkan dengan suku-suku lain untuk barang yang mereka tidak bisa membuat seperti mangkuk kayu, tanduk, sendok. Baik Mojave dan Quechan juga disebut Yuma tinggal sebagian besar di timur sungai Colorado di tempat yang sekarang Arizona dan sebagian di California. Hubungan perdagangan dengan suku tetangga seperti Cahuilla dan Misi India untuk Jagung,Kacang untuk manik – manic. Keahlian utama mereka membuat tembikar dari tanah liat sedimen dan batu pasir hancur. Bahan-bahan tadi dibuat ke dalam bentuk melingkar, dikeringkan, dicat dan melubanginya namun belum sempurna. Mereka menciptakan pot, mangkuk, sendok sayur dan hidangan dihiasi dengan desain geometris. Dan para wanita membuat kerajinan boneka gerabah yang unik untuk anak-anak yang disandangkan dan menghiasi mereka seperti orang, lengkap dengan rambut manusia.
Para Mojave juga sering
terlibat perang dengan beberapa tetangga mereka seperti Suku Maricopa dan Pima.
Mereka
bisa mempertahankan wilayah mereka. Mereka berani dalam pertempuran. Pihak
Perang bisa bepergian ratusan kilometer, hidup dengan benih chia dan air.
Mereka berjuang dengan berkelompok, memukul bagian atas kepala musuh mereka,
kemudian berayun hingga menghancurkan rahang mereka. Mereka akan mengambil
kulit kepala dan tahanan. Tawanan kemudian akan dikorbankan untuk melayani
prajurit yang menang. Mereka akan mengikuti semangat master prajurit sampai Avi
kwa 'ame, jalan ke surga, Gunung Roh. Mereka akan menyucikan diri sebelum
pulang, sehingga roh gelap akan hilang dan tidak mengikuti mereka. Dalam perang
Ksatria Mojave menggunakan busur dan panah dengan perisai pelindung kulit. Dan
untuk kematian, Mojaves dikremasi untuk memasuki properti dan barang-barang
almarhum yang ditempatkan di atas tumpukan kayu bersama dengan tubuh untuk
menemani roh ke "dunia roh.".
Pelayat sering menyumbangkan barang berharga mereka sendiri untuk menunjukkan
cinta. Nama-nama orang mati tidak pernah lagi diucapkan.
Colorado, California. Reservasi meliputi hampir
42.000 hektar di daerah tiga-negara bagian Arizona, California, dan Nevada. Tanah tersebut dibagi menjadi tiga segmen utama: 23.669 hektar di
Mojave di Arizona, 12.633 hektar berdekatan dengan Jarum, California, dan 5.582
hektar di Clark County, Nevada. Markas suku terletak di Needles,
California.
Terdiri dari tiga kelompok para Aha-Macav di sepanjang Sungai Colorado , terutama di
daerah di mana negara bagian Nevada, Arizona dan California berkumpul. Kelompok
utara adalah lyathum Matha, yang tinggal di Black Canyon selatan ke Lembah
Mojave. Para Hutto-pah menghuni pusat Mojave Valley. Para lyathum Kavi
menduduki daerah selatan Lembah Mojave ke bawah Peaks Jarum. Sejak diketahui sejarah mereka tampaknya
telah tinggal di kedua sisi Colorado Rio, meskipun terutama di sisi timur,
antara Jarum dan pintu masuk ke ngarai Hitam. Ives,
pada tahun 1857, hanya menemukan beberapa keluarga yang tersebar di lembah
Cottonwood, sebagian besar dari mereka berada di bawah Hardyville. Populasi suku 1775-1776 yang
konservatif diperkirakan oleh Garces (Diary, 443, 1900) 3000 orang, dan oleh
Leroux, sekitar 1834 (Whipple, Pac RR Rep, iii, 1856.), Menjadi 4.000 orang;
tetapi terakhir ini mungkin membesarkan. Jumlah
mereka pada tahun 1905 secara resmi
1.589 orang, di antaranya 508 berada di bawah Sungai Colorado, 856 di
bawah Ft Mohave, 50 di bawah lembaga San Carlos, dan sekitar 175 di Camp
McDowell, pada Verde Rio. Namun,
tampaknya Yavapai, umumnya dikenal sebagai Apache Mohave. Tidak ada perjanjian dibuat dengan
menghormati wilayah asli mereka, oleh Amerika Serikat. Dengan tindakan 3 Maret 1865,
dilengkapi dengan pesanan Eksekutif 22 November, 1873 November 16, 1874, dan 15
Mei 1876, Colorado hadir sebagai Sungai Reservasi, Arizona, ditempati oleh Mohave,
Chemehuevi, dan Kawia.
Ada bukti yang menunjukkan bahwa nenek moyang orang Mohave hari ini bermigrasi
ke pegunungan dan lembah di sepanjang Sungai Colorado segera setelah zaman es
terakhir.
Orang –
orang Mohave kuat, atletis, dan berkembang dengan baik dan wanitanya menarik.
Menurut Kroeber (Am Anthrop., Iv, 284, 1902) Meskipun berdekatan dengan sungai,
Mohave yang tidak membuat kano, tetapi terkadang membuat rakit, atau Balsas
terbuat dari kumpulan ilalang.Menurut Kroeber, "tidak ada sistem penuh, tetapi sesuatu yang erat mirip sitem
kepemimpinan, yang dapat disebut baik sebagai klan atau sistem dekaden. Pria,
dan semua nenek moyang mereka dan keturunan dalam garis laki-laki, hanya
memiliki satu nama untuk semua saudara perempuan mereka: Jadi, jika nama
perempuan turun-temurun di keluarga saya menjadi Maha, adik ayah saya, saudara
saya sendiri, anak perempuan saya (tidak peduli seberapa besar jumlah mereka),
dan putri anak saya, semua akan disebut Maha Ada. Tentang nama-nama dua puluh
wanita tersebut, atau gentes virtual, antara Mohave tersebut. Tak satu pun dari
nama-nama ini tampaknya memiliki makna apapun. Namun menurut mitos-mitos suku,
nama tertentu laki-laki awalnya, atau diberikan, nama-nama seperti Sun, Bulan,
Tembakau, Api, Awan, Coyote, Rusa, Angin, Beaver, Owl, dan lainnya, yang sesuai
benar dengan nama klan totem, kemudian orang-orang ini diperintahkan oleh
Mastamho, makhluk mitologis kepala, untuk memanggil semua anak perempuan mereka
dan keturunan perempuan dalam garis laki-laki dengan nama tertentu, sesuai
dengan nama-nama suku. Jadi leluhur laki-laki dari semua wanita yang saat ini
menanggung nama Hipa, diyakini awalnya bernama Coyote. Hal ini juga mengatakan
bahwa semua orang dengan satu nama sebelumnya tinggal di satu daerah, dan semua
dianggap terkait. Namun, ini tidak terjadi sekarang, juga tampaknya telah
begitu dalam dan bersejarah. " Bourke
(. Jour. Am folklore, ii, 181, 1889) telah mencatat beberapa nama-nama ini,
yang disebut dia Gentes , dan nama totem yang masing-masing
berkorespondensi, sebagai berikut: Hualga (Bulan), O-cha (Hujan-awan ), Ma-ha
(Caterpillar), Nol-cha (Sun), Hipa (Coyote) Va-memiliki-ha (Tembakau), shul-ya
(Beaver), Kot-ta (Mescal atau Tembakau), Ti-HIL-ya (Mescal), Vi-Ma-ga (tanaman
hijau, tidak diidentifikasi), Ku-gila-ha (Ocatilla atau Iron Cactus), Ma-li-ka
(tidak diketahui), Mus (Mesquite), Ma-si-pa ( Coyote).
Keadaan
kepala suku itu turun-temurun dalam garis laki-laki. Orang kulit putih pertama yang mengunjungi
daerah itu penjelajah Spanyol yang mendengar nama "mo-HA-vey" dan
mengejanya Mojave. Setelah mendengar pengucapan bahasa Spanyol, bahasa
Inggris mengejanya Mohave, dengan demikian dua ejaan yang digunakan saat ini. Mereka sendiri
menyebut diri mereka Hamakhaave (di samping air). Di masa lalu Mojave
diperintah oleh kepala suku yang dipilih melalui upacara keagamaan berdasar
visi yang mereka miliki.
Awalnya Orang Mojave tidak mengenakan
pakaian, pria hanya mengenakan cawat dan wanita memakai rok selutut. Tetapi
terkadang mengenakan jubah kulit kelinci atau ponco di malam hari saat udara
dingin. Tidak ada alas kaki. Memekai tipo perang seperti orang Indian Plains.
Pria Mojave memutar rambut mereka menyerupai gulungan rambut yang tampak
seperti gimbal. Kadang – kadang dihiasi bulu elang dibagian atas. Wanita
membiarkan rambut mereka yang panjang dan lurus. Para Mojave memakai tato wajah
dan juga melukis wajah dan tubuh untuk kesem[atn khusus. Mereka menggunakan
berbagai warna dan pola untuk cat perang, upacara keagamaan, dan pesta.
Kebanyakan orang Mijave mengecat rambut mereka dengan garis – garis putih dan
kuning horizontal.
Rumah biasanya hanya atap naungan
disebut ramadas dengan empat atau enam tiang pendukung atap datar ditutupi
dengan bundel dari alang-alang atau rumput. Untuk cuaca dingin rumah memiliki
dinding samping terbuat dari tiang berdiri dari atap ditutupi dengan bundel
rumput dan kemudian dengan lapisan lumpur beberapa inci. Kadang-kadang memiliki
satu atau dua rumah lebih besar dari
tempat tinggal pemimpin. Jika cuaca sangat dingin mereka akan mengundang
orang lain untuk tinggal bersama mereka.
Seratus
tahun kemudian, Mojaves menahan arus migran dari barat oleh demam emas
California. Konflik yang dihasilkan menyebabkan pembentukan Fort Mojave
tahun 1859 di tebing yang menghadap ke tempat di mana Jalan Mojave menyeberangi
Sungai Colorado.
Komentar
Posting Komentar