SATUAN LAYANAN KONSELING
A.
Topik Bahasan :
Memiliki kesadaran dan dorongan yang kuat untuk menguasai ilmu, teknologi dan
seni yang menjadi program sekolah.
B.
Bidang Bimbingan :
Bimbingan Pribadi
C.
Jenis Layanan :
Layanan Konseling Individual
D.
Fungsi Layanan :
Pengentasan
E.
Tujuan Layanan :
Setelah konseli menerima layanan konseling individu ini, konseli mampu
menyelesaikan masalah yang dihadapinya, merasa percaya diri, tidak malas belajar, dapat memahami dirinya
sendiri, sehingga dapat menyesuaikan diri secara optimal dalam mengikuti
pelajaran maupun pergaulan di sekolah.
F.
Sasaran Layanan :
Konseli (GLP) / X.2
G.
Materi Layanan :
1.
Pemahaman diri tentang kelebihan dan kekurangan yang
dimiliki (Potensi yang dimiliki).
2.
Manfaat pelajaran/ ilmu pengetahuan bagi masa depan
3.
Hal-hal yang dapat menumbuhkan rasa percaya diri
4.
Penyesuaian diri
H.
Rencana Kegiatan :
1.
Hari/ tanggal : Selasa,
3 November 2009
2.
Tempat :
Ruang Konseling
3.
Metode :
Wawancara
I.
Rencana Penilaian :
1.
Bagaimana partisipasi konseli dalam mengikuti pelayanan
ini.
2.
Hambatan-hambatan yang terjadi saat layanan ini
dilaksanakan .
3.
Bagaimana tanggapan konseli setelah menerima layanan ini.
4.
Perubahan yang dilakukan setelah konseli menerima layanan
ini.
J.
Tindak Lanjut :
Tindak lanjut
dari kegiatan pelayanan ini adalah memantau perubahan tingkah laku konseli
sehari-hari di sekolah, yaitu pengamatan perilaku konseli dan menanyakan kepada
teman akrabnya.
K.
Catatan Khusus :
Setelah
pelaksanaan layanan ini konseli datang ke ruang BK, konseli merasa senang
karena sudah bisa mengurangi perasaan minder, perasaan malas belajar masih ada.
Konseli minta pendapat serta saran-saran agar dapat lebih percaya diri dan
tidak malas belajar.
Mojokerto,
3 November 2009
Guru
Pembimbing,
Edy
Sucahyono, S.Psi
Nip.19731017
200501 1 009
SATUAN LAYANAN KONSELING
A.
Topik Bahasan :
Memiliki kemampuan bertingkah laku dan berhubungan sosial, baik di rumah, di
sekolah, maupun di masyarakat luas dengan menjunjung tinggi tata krama, sopan
santun, serta nilai-nilai agama, adat, hukum, ilmu, dan kebiasaan yang berlaku.
B.
Bidang Bimbingan :
Bimbingan Sosial
C.
Jenis Layanan :
Layanan Konseling Individual
D.
Fungsi Layanan :
Pengentasan
E.
Tujuan Layanan :
Setelah konseli menerima layanan konseling individu ini, konseli mampu
menyelesaikan masalah yang dihadapinya, dapat berperilaku baik sesuai
nilai-nilai kehidupan di sekolah tanpa ada perasaan minder.
F.
Sasaran Layanan :
Konseli (BA) / X.6
G.
Materi Layanan :
1.
Pemahaman diri tentang kelebihan dan kekurangan yang
dimiliki (Potensi yang dimiliki).
2.
Nilai-nilai kehidupan
3.
Tata krama siswa
H.
Rencana Kegiatan :
1.
Hari/ tanggal : Sabtu, 24 Oktober 2009
2.
Tempat :
Ruang Konseling
3.
Metode :
Wawancara
I.
Rencana Penilaian :
1.
Bagaimana partisipasi konseli dalam mengikuti pelayanan
ini.
2.
Hambatan-hambatan yang terjadi saat layanan ini
dilaksanakan .
3.
Bagaimana tanggapan konseli setelah menerima layanan ini.
4.
Perubahan yang dilakukan setelah konseli menerima layanan
ini.
J.
Tindak Lanjut :
Tindak lanjut
dari kegiatan pelayanan ini adalah memantau perubahan tingkah laku konseli
sehari-hari di sekolah, yaitu pengamatan perilaku konseli dan menanyakan kepada
teman akrabnya.
K.
Catatan Khusus :
Kondisi ekonomi
orang tua tergolong kurang mampu. Konseli orang yang pendiam.
Mojokerto,24
Oktober 2009
Guru
Pembimbing,
Edy
Sucahyono, S.Psi
Nip.19731017
200501 1 009
SATUAN LAYANAN KONSELING
A.
Topik Bahasan :
Memiliki kemampuan memahami kelemahan diri dan usaha-usaha penanggulangannya
dan kemampuan memahami kondisi dan peraturan sekolah serta upaya pelaksanaannya
secara dinamis dan bertanggung jawab.
B.
Bidang Bimbingan :
Bimbingan Pribadi/Sosial
C.
Jenis Layanan :
Layanan Konseling Individual
D.
Fungsi Layanan :
Pengentasan
E.
Tujuan Layanan :
Setelah konseli menerima layanan konseling individu ini, konseli mampu
menyelesaikan masalah yang dihadapinya, dapat berperilaku baik sesuai dengan
peraturan tata tertib sekolah dan kehendak orang tua.
F.
Sasaran Layanan :
Konseli (EEM) / XI.BAHASA
G.
Materi Layanan :
1.
Pemahaman diri tentang kekurangan yang dimiliki
2.
Cara mengatasi kelemahan yang dimiliki
3.
Tatakrama
4.
Peraturan sekolah/ Tata tertib siswa
H.
Rencana Kegiatan :
1.
Hari/ tanggal : Sabtu,
12 Desember 2009
2.
Tempat :
Ruang Konseling
3.
Metode :
Wawancara
I.
Rencana Penilaian :
1.
Bagaimana partisipasi konseli dalam mengikuti pelayanan
ini.
2.
Hambatan-hambatan yang terjadi saat layanan ini
dilaksanakan .
3.
Bagaimana tanggapan konseli setelah menerima layanan ini.
4.
Perubahan yang dilakukan setelah konseli menerima layanan
ini.
J.
Tindak Lanjut :
Tindak lanjut
dari kegiatan pelayanan ini adalah memantau perubahan tingkah laku konseli
sehari-hari di sekolah, mengecek absensi dan pengamatan perilaku konseli serta
menanyakan kepada teman akrabnya.
K.
Catatan Khusus :
Kondisi ekonomi orang
tua mampu, tetapi dalam perhatian/ kontrol kurang khususnya berangkat dan
pulang sekolah.
Mojokerto,12
Desember 2009
Guru
Pembimbing,
Edy
Sucahyono, S.Psi
Nip.19731017
200501 1 009
|
BIRO BIMBINGAN DAN KONSELING
KARTU KONSELING
Nama Klien :
GADIS LARASATI PERDANA
Kelas / Smt /
T.P. : X.2
/ I / 2009-2010
Siklus ke : 1
Hari, Tgl, Jam : Kamis,15
Oktober 2009, 09.00 Wib
I. ANALISA DATA :
1. Keluhan awal : - Setiap mengikuti pelajaran malas, tidak ada
semangat untuk belajar.
- Kadang-kadang mengantuk
- Merasa tidak bisa mengikuti pelajaran.
- Pernah dinasehati wali kelas
- Ditegur tim tatib karena melanggar peraturan sekolah
2. Data Commulative Record yang relevan untuk ditampilkan :
- AUM (Angket Ungkap
Masalah) konseli mengalami masalah pribadi dan kebiasaan belajar.
II. DIAGNOSA
Identifikasi Masalah :


Kesehatan Mental Penggunaan waktu
luang
Ekonomi V Belajar
di Sekolah
Penyesuaian sosial V Belajar di Rumah
V Pemahaman
diri Menghadapi
tes
Nilai / Ideologi V Muda – mudi
III. THREATMENT
Pendekatan konseling yang relevan
:

Directive
Psikoanalisa
Alternatif penyelesaian masalah :
pemenuhan terhadap kekurangan-kekurangan :


Pengalaman Hubungan baik
dengan sesama
Skill Hubungan
baik dengan lingkungan alam
V Kebutuhan dasar fisik Hubungan baik dengan
Tuhan
Uraian kongkrit inventarisasi
alternatif :
1. Layanan Konseling Individual
2. Layanan informasi tentang Motivasi belajar dan tatatertib sekolah
3. Layanan Penguasaan konten tentang konsentrasi dalam belajar
4.
IV. REFLEKSI

V Belum tuntas, dengan rencana
tindak lanjut siklus konseling berikutnya.
Mojokerto,
15 Oktober 2009
Konselor,
Edy Sucahyono, S.Psi
Nip. 19731017 200501 1 009
|
BIRO BIMBINGAN DAN KONSELING
KARTU KONSELING
Nama Klien :
GADIS LARASATI PERDANA
Kelas / Smt /
T.P. : X.2
/ I / 2009-2010
Siklus ke : 2
Hari, Tgl, Jam : Selasa,
27 Oktober 2009, 10.20 Wib
I. ANALISA DATA :
1. Keluhan awal : - Masih kurang semangat untuk belajar.
- Saat pelajaran masih mengantuk
- Dirumah dimarahi orang tua (ayah)
- Tidak masuk sekolah bermain play station
2. Data Commulative Record yang relevan untuk ditampilkan :
- AUM (Angket Ungkap
Masalah) konseli mengalami masalah pribadi dan kebiasaan belajar
II. DIAGNOSA
Identifikasi Masalah :


Kesehatan Mental Penggunaan waktu
luang
Ekonomi V Belajar
di Sekolah
Penyesuaian sosial V Belajar di Rumah
V Pemahaman
diri Menghadapi
tes
Nilai / Ideologi V Muda – mudi
III. THREATMENT
Pendekatan konseling yang relevan
:

Directive
Psikoanalisa
Alternatif penyelesaian masalah :
pemenuhan terhadap kekurangan-kekurangan :


Pengalaman Hubungan baik
dengan sesama
Skill Hubungan
baik dengan lingkungan alam
V Kebutuhan dasar fisik Hubungan baik dengan
Tuhan
Uraian kongkrit inventarisasi
alternatif :
1. Layanan Konseling Individual
2. Layanan informasi tentang perlunya ilmu pengetahuan bagi masa depan.
IV. REFLEKSI

V Belum tuntas, dengan rencana
tindak lanjut siklus konseling berikutnya.
Mojokerto, 27 Oktober 2009
Konselor,
Edy Sucahyono, S.Psi
Nip. 19731017 200501 1 009
|
BIRO BIMBINGAN DAN KONSELING
KARTU KONSELING
Nama Klien :
GADIS LARASATI PERDANA
Kelas / Smt /
T.P. : X.2
/ I / 2009-2010
Siklus ke : 3
Hari, Tgl, Jam : Selasa,3
November 2009, 08.30 Wib
I. ANALISA DATA :
1. Keluhan awal : - Masih kurang semangat untuk belajar.
- Malas masuk sekolah
(berangkat sekolah tetapi tidak masuk sekolah, pergi bermain play station
- Ada keinginan yang tidak dipenuhi orang tua
2. Data Commulative Record yang relevan untuk ditampilkan :
- AUM (Angket Ungkap
Masalah) konseli mengalami masalah pribadi dan kebiasaan belajar dan masalah
keluarga.
II. DIAGNOSA
Identifikasi Masalah :


Kesehatan Mental Penggunaan waktu
luang
Ekonomi V Belajar
di Sekolah
Penyesuaian sosial V Belajar di Rumah
V Pemahaman
diri Menghadapi
tes
Nilai / Ideologi V Muda – mudi
III. THREATMENT
Pendekatan konseling yang relevan
:

Directive
Psikoanalisa
Alternatif penyelesaian masalah :
pemenuhan terhadap kekurangan-kekurangan :


Pengalaman Hubungan baik
dengan sesama
Skill Hubungan
baik dengan lingkungan alam
V Kebutuhan dasar fisik V Hubungan baik dengan Tuhan
Uraian kongkrit inventarisasi
alternatif :
3. Layanan Konseling Individual
4. Layanan informasi tentang perlunya ilmu pengetahuan bagi masa depan.
IV. REFLEKSI

Belum tuntas, dengan rencana
tindak lanjut siklus konseling berikutnya.
Mojokerto,
3 November 2009
Konselor,
Edy Sucahyono, S.Psi
Nip. 19731017 200501 1 009
SMA NEGERI 1
PURI KAB. MOJOKERTO
|
KARTU KONSELING
Nama Klien :
BAGUS ANINDITYO D
Kelas / Smt /
T.P. : X.6
/ I / 2009-2010
Siklus ke : 1
Hari, Tgl, Jam : Rabu,
7 Oktober 2009, 08.30 Wib
I.
ANALISA DATA :
a.
Keluhan awal :
1). Konseli merasa malu bila berkumpul dengan teman-teman.
2). Konseli malu untuk belajar dirumah dan di sekolah
3). Konseli merasa minder
b.
Data komulatif rekord
yang relevan untuk ditampilkan :
1). Hasil angket ungkap masalah (AUM) konseli mengalami masalah pribadi dan
penyesuaian sosial
II.
DIAGNOSA


Kesehatan Rekreasi/Hobi/
Waktu Luang
Keadaan Ekonomi V Penyesuaian terhadap sekolah
V Keluarga Penyesuaian terhadap
kurikulum
Agama dan Moral Masa depan /
Jabatan
V Pribadi V Kebiasaan Belajar
V Hub. Sosial dan Berorganisasi Muda-Mudi / Asmara
III. THREATMENT

V Client centered
Directive
Psikoanalisa
IV. REFLEKSI / TINDAK
LANJUT


V Belum tuntas, dengan rencana
tindak lanjut siklus konseling berikutnya.
Mojokerto,
7 Oktober 2009
Konselor,
Edy Sucahyono, S.Psi
Nip. 19731017 200501 1 009
SMA NEGERI 1
PURI KAB. MOJOKERTO
|
KARTU KONSELING
Nama Klien :
BAGUS ANINDITYO D
Kelas / Smt /
T.P. : X.6
/ I / 2009-2010
Siklus ke : 2
Hari, Tgl, Jam : Sabtu,
24 Oktober 2009, 10.20 Wib
I.
ANALISA DATA :
a.
Keluhan awal :
1). Konseli merasa malu bila berkumpul dengan teman-teman.
2). Konseli malu untuk belajar dirumah dan di sekolah
3). Konseli merasa minder
b.
Data komulatif rekord
yang relevan untuk ditampilkan :
1). Hasil angket ungkap masalah (AUM) konseli mengalami masalah pribadi dan
penyesuaian sosial
II.
DIAGNOSA


Kesehatan Rekreasi/Hobi/
Waktu Luang
Keadaan Ekonomi V Penyesuaian terhadap sekolah
V Keluarga Penyesuaian terhadap
kurikulum
Agama dan Moral Masa depan /
Jabatan
V Pribadi V Kebiasaan Belajar
V Hub. Sosial dan Berorganisasi Muda-Mudi / Asmara
III.
THREATMENT

V Client centered
Directive
Psikoanalisa
IV.
REFLEKSI / TINDAK LANJUT


Belum tuntas, dengan rencana
tindak lanjut siklus konseling berikutnya.
Mojokerto,
24 Oktober 2009
Konselor,
Edy Sucahyono, S.Psi
Nip. 19731017 200501 1 009
SMA NEGERI 1
PURI KAB. MOJOKERTO
|
KARTU KONSELING
Nama Klien :
ERWIN EKA M
Kelas / Smt /
T.P. : XI.BAHASA
/ I / 2009-2010
Siklus ke : 1
Hari, Tgl, Jam : Sabtu,
12 Desember 2009, 10.20 Wib
I.
ANALISA DATA :
a.
Keluhan awal :
1). Konseli merasa malu bila berkumpul dengan teman-teman.
2). Konseli malu untuk belajar dirumah dan di sekolah
3). Konseli merasa minder
b.
Data komulatif rekord
yang relevan untuk ditampilkan :
1). Hasil angket ungkap masalah (AUM) konseli mengalami masalah pribadi dan
penyesuaian sosial
II.
DIAGNOSA


Kesehatan Rekreasi/Hobi/
Waktu Luang
Keadaan Ekonomi V Penyesuaian terhadap sekolah
V Keluarga Penyesuaian terhadap
kurikulum
Agama dan Moral Masa depan /
Jabatan
V Pribadi V Kebiasaan Belajar
V Hub. Sosial dan Berorganisasi Muda-Mudi / Asmara
III.
THREATMENT

V Client centered
Directive
Psikoanalisa
IV.
REFLEKSI / TINDAK LANJUT


Belum tuntas, dengan rencana
tindak lanjut siklus konseling berikutnya.
Mojokerto,
12 Desember 2009
Konselor,
Edy Sucahyono, S.Psi
Nip. 19731017 200501 1 009
STATUS KONSELING
I.
IDENTITAS
Klien/ Konseli
1.
Nama panggilan :
Gadis
2.
Tempat, tanggal lahir :
Mojokerto, 17 September 1993
3.
Agama :
Islam
4.
Anak ke, dari sejumlah Keluarga : ke 1 dari bersaudara
5.
Nama Orang Tua :
Ayah : Purnomo
Ibu :
Rusminah
6.
Pekerjaan :
Ayah : Karyawan
Ibu : -
7.
Alamat rumah orang tua :
Jl. Brawijaya Kota Mojokerto
8.
Kelas / Tahun Pelajaran :
X.2 /
2009-2010
: -
:
-
9.
No. Induk Siswa/ NIB :
9123 / E.X.2.9
II. STATUS
No.
|
Hari, tanggal
|
Hasil
Konseling
|
Catatan
|
Tanda tangan
|
|
Konseli
|
Konselor
|
||||
1.
|
Kamis
15-10-2009
|
Konseli berusaha melatih diri mengatur dan memanfaatkan
waktu untuk belajar
Konseli berusaha memotivasi dirinya untuk belajar.
|
Pertemuan ke 1
|
|
|
2.
|
Selasa
27-10-2009
|
Konseli berusaha agar bisa aktif masuk sekolah
Konseli berusaha berperilaku lebih dalam komunikasi
dengan orang tua
|
Pertemuan ke 2
|
|
|
3.
|
Selasa,
3-11-2009
|
Konseli berusaha mencaritahu tentang manfaat ilmu
pengetahun untuk masa depan
Konseli berusaha mengerti kemauan orang tua dan keadaan
ekonomi orang tua
|
Pertemuan ke 3
|
|
|
Mojokerto,
3 November 2009
Konselor,
Edy Sucahyono, S.Psi
Nip. 19731017 200501 1 009
STATUS KONSELING
I.
IDENTITAS
Klien/ Konseli
1.
Nama panggilan :
Bagus Anindityo
2.
Tempat, tanggal lahir :
Mojokerto, 02 Juli 1993
3.
Agama :
Islam
4.
Anak ke, dari sejumlah Keluarga : ke 2 dari bersaudara
5.
Nama Orang Tua :
Ayah : SUMANTRI
Ibu :
HARIANI
6.
Pekerjaan :
Ayah : PNS
Ibu :
PNS
7.
Alamat rumah orang tua :
Perum Puri Indah
8.
Kelas / Tahun Pelajaran :
X.6/ 2009-2010
: -
:
-
9.
No. Induk Siswa/ NIB :
9052 / E.X.6.5
II. STATUS
No.
|
Hari, tanggal
|
Hasil
Konseling
|
Catatan
|
Tanda tangan
|
|
Konseli
|
Konselor
|
||||
1.
|
Rabu,
7-10-2009
|
Konseli melatih diri untuk konsentrasi belajar.
Konseli berusaha mengatur waktu dengan baik.
Konseli berusaha berperilaku yang baik sesuai dengan
nilai-nilai kehidupan
|
Pertemuan ke 1
|
|
|
2.
|
Sabtu,
24-10-2009
|
Konseli melatih diri untuk konsentrasi belajar.
Konseli berusaha mengatur waktu dengan baik.
Konseli berusaha berperilaku yang baik sesuai dengan
nilai-nilai kehidupan
|
Pertemuan ke 2
|
|
|
Mojokerto,
24 Oktober 2009
Konselor,
Edy
Sucahyono, S.Psi
Nip.
19731017 200501 1 009
|
BIRO BIMBINGAN DAN KONSELING
REKAMAN KEGIATAN
KONSELING KELOMPOK
Jenis Masalah Identik : Muda-mudi
(pergaulan)
1.ANDINA DYAH RAHMADHANI A
|
2.ANGGA ARIO PRASETYO
|
3.ASMAUL KHUSNA
|
4.ATMEY VRISKA LYSTIANINGRUM
|
5.AYU CITRA WANGI WINDARI
( KELAS XII.IPA.4 )
|
Nama-nama Konseli :
(Semuanya siswa
kelas X.2)
Tempat Pelaksanaan : Ruang Konseling Kelompok
Hari, Tgl, Jam : Selasa,
6 Oktober 2009, 09.20 Wib
I. ANALISA DATA :
Uraian singkat hasil analisa data
:
Siswa merasa sulit dalam bergaul,
rata-rata disebabkan karena :
1. Perasan minder 2.
Kurang percaya diri
3. Tidak bisa menyesuaikan diri 4.
Tidak bisa memulai pembicaraan
II. DIAGNOSA :
Uraian singkat identifikasi
masalah :
Konseli belum mengetahui
bagaimana cara bergaul yang baik dan sehat.
III. PROGNOSA :
Uraian singkat prediksi akibat
masalah :
Apabila informasi yang berhubungan dengan masalah pergaulan tidak
diberikan, maka konseli akan semakin sulit dan bermasalah dalam pergaulannya
baik di sekolah atau di luar sekolah.
IV. THREATMENT :
Uraian singkat inventarisasi
alternatif penyelesaian masalah, pengujian alternatif dan pengambilan keputusan
alternatif :
Memberikan layanan informasi tentang :
1. Meningkatkan rasa percaya diri lebih dahulu agar siswa tidak ragu dalam
bergaul
2. Cara komunikasi yang baik agar siswa mengetahui cara berkomunikasi
3. Penyesuaian diri agar siswa dpat menyesuaikan diri dalam setiap pergaulan
4. Pergaulan yang menguntungkan agar siswa dapat memilah dan memilih teman
dalam bergaul
V. REFLEKSI :
Uraian singkat penilaian proses
konseling kelompok, dan rencana tindak lanjut :
Seluruh siswa (Konseli) yang memiliki masalah ini rata-rata sudah memiliki
gambaran tentang bagaimana melaksanakan pergaulan yang sehat.
Tindak lanjut :Menanyakan kepada teman yang satu kelas dengan konseli
tentang perubahan perilaku setelah diberi layanan informasi. Bagi yang masih
memiliki masalah diaberikan layanan konseling individu.
Mojokerto,
6 Oktober 2009
Konselor,
Edy Sucahyono, S.Psi
Nip. 19731017 200501 1 009
SMA NEGERI 1 PURI KAB. MOJOKERTO
BIRO BIMBINGAN DAN KONSELING
REKAMAN KEGIATAN
KONSELING KELOMPOK
Jenis Masalah Identik : Masalah
Pemilihan Jurusan
1.
ABDUL ROKHIM
|
2.ABDULLOH HADI SASMITO
|
3.ADY PRAYOGI TOMPO
|
4.AKHMAD BAGUS EFENDY
|
5.BAGUS ANINDITYO DARMAWAN
|
6.BAGUS ARDI SETYAWAN
|
7.DEVI RELAWATI
|
8.DIMAS AFRIAN JAYA
|
Nama-nama Konseli :
Tempat Pelaksanaan : Ruang BK
Hari, Tgl, Jam :
Rabu, 4 November 2009 , 11.15 Wib
I. ANALISA DATA :
Uraian singkat hasil analisa data
:
Siswa merasa belum memahami
tentang cara memilih jurusan, rata-rata disebabkan karena :
1. Belum mengetahui ketentuan cara menentukan jurusan di SMA Negeri 1
Gondang
2. Belum mengetahui program/jurusan apa yang akan dipilih
II. DIAGNOSA :
Uraian singkat identifikasi
masalah :
Konseli
kurang informasi tentang ketentuan/persyaratan pemilihan jurusan di SMA Negeri
1 Gondang
III. PROGNOSA :
Uraian singkat prediksi akibat
masalah :
Apabila konseli belum mengetahui dan memahami tentang program studi di SMA
Negeri 1 Gondang dan persyaratannya, dikuatirkan konseli salah dalam memilih
jurusan.
IV. THREATMENT :
Uraian singkat inventarisasi
alternatif penyelesaian masalah, pengujian alternatif dan pengambilan keputusan
alternatif :
Memberikan layanan informasi tentang :
Ketentuan dan Persyaratan pemilihan
jurusan di SMA Negeri 1 Gondang
V. REFLEKSI :
Uraian singkat penilaian proses
konseling kelompok, dan rencana tindak lanjut :
Seluruh siswa (Konseli) yang memiliki masalah ini rata-rata sudah memiliki
gambaran tentang persyaratan pemilihan jurusan di SMA Negeri 1 Gondang
Tindak lanjut : Menanyakan kepada konseli tentang jurusan yang dipilih
Mojokerto,
4 November 2009
Konselor,
Edy Sucahyono, S.Psi
Nip. 19731017 200501 1 009
SMA NEGERI 1 PURI KAB. MOJOKERTO
BIRO BIMBINGAN DAN KONSELING
REKAMAN KEGIATAN
KONSELING KELOMPOK
Jenis Masalah Identik : Studi
Lanjut
Nama-nama Konseli :
1.FAJAR YUSUF ARDANI
|
2.GIGIEH RAMADHAN BUDYANTO
|
3.HIDAYATUL CHUSNAH
|
4.I DEWA AYU TYA SARASWATI
|
5.IMAM ROSADI
|
6.KHOIRUNNISA AYU PRADANI
|
7.LAILA KURNIAWATI
|
8.LUTHFI ARDIANSAH
( KELAS XII. IPA 2 )
|
Tempat Pelaksanaan : Ruang BK
Hari, Tgl, Jam : Kamis,
26 November 2009, 10.20 Wib
I. ANALISA DATA :
Uraian singkat hasil analisa data
:
Konseli rata-rata belum memahami informasi tentang perguruan tinggi secara
mendalam baik fakultas maupun program stuidi yang dipilih.
II. DIAGNOSA :
Uraian singkat identifikasi
masalah :
Konseli
kurang informasi tentang Studi lanjut/ Perguruan Tinggi
III. PROGNOSA :
Uraian singkat prediksi akibat
masalah :
Apabila Infromasi tentang studi lanjut/ Perguruan Tinggi tidak segera
diberikan, maka konseli akan semakin bingung dalam merencanakan studi lanjut.
Bahkan memungkinkan konseli asal pilih perguruan tinggi atau program studi
IV. THREATMENT :
Uraian singkat inventarisasi
alternatif penyelesaian masalah, pengujian alternatif dan pengambilan keputusan
alternatif :
Segera memberikan layanan informasi tentang :
1. Studi lanjut atau perguruan tinggi
2. Konseli diberi brosur/edaran
dari perguruan tinggi yang ada dan disuruh mencari brosur/edaran dari perguruan
tinggi atau dari sumber yang lain.
V. REFLEKSI :
Uraian singkat penilaian proses
konseling kelompok, dan rencana tindak lanjut :
Seluruh siswa (Konseli) yang memiliki masalah ini rata-rata sudah memiliki
gambaran tentang Studi lanjut/ perguruan tinggi.
Tindak lanjut : Menanyakan kepada konseli tentang usaha
mencari informasi dari brosur/sumber informasi lain.
Mojokerto,
26 November 2009
Konselor,
Edy Sucahyono, S.Psi
Nip. 19731017 200501 1 009
|
BIRO BIMBINGAN DAN KONSELING
SURAT RUJUKAN / REFERAL
Tujuan Rujukan / Referal
|
Dokter
Psikolog
Psikiater
|
Nama dan alamat Lembaga Tujuan Rujukan / Referal
|
|
Identitas Klien
|
|
1. Nama
|
|
2. Umur
|
|
3. Jenis Kelamin
|
|
4. Kelas / T.A.
|
|
Jenis Masalah Klien
|
|
1. Masalah fisik dan uraian
singkat masalahnya
|
|
2. Masalah psikologis, dan uraian
singkat masalahnya
|
|
Penanganan dan hasil yang sudah dilaksanakan Konselor Sekolah dan UKS
|
|
MENGETAHUI DIKETAHUI Mojokerto,_______________
Kepala Sekolah Koordinator BK Konselor,
__________________ __________________ _____________________
|
BIRO BIMBINGAN DAN KONSELING
RESUME KEGIATAN BIMBINGAN KLASIKAL
No. STP
/ RK : _______________________________________________
Topik : _______________________________________________
Kelas : _______________________________________________
SMT /
T.P. : _______________________________________________
Hari /
Tgl : _______________________________________________
Jam : _______________________________________________
I. PELAKSANAAN
KEGIATAN AWAL :
Uraian singkat
apersepsi dan kerangka konseptual materi : _______________________
______________________________________________________________________
______________________________________________________________________
______________________________________________________________________
II. PELAKSANAAN
KEGIATAN INTI :
Uraian singkat
pelaksanaan skenario layanan dan penyajian materi : _______________
______________________________________________________________________
______________________________________________________________________
___ ___________________________________________________________________
III. PELAKSANAAN
KEGIATAN PENUTUP :
Uraian singkat
refleksi terhadap pelaksanaan kegiatan inti, penilaian terhadap jalannya
kegiatan, dan pengambilan keputusan rencana tindak lanjut :
_____________________
______________________________________________________________________
______________________________________________________________________
Catatan : Materi terlampir
Mojokerto,_______________
Konselor,
______________________
Komentar
Posting Komentar