Langsung ke konten utama

makalah beladiri Tapak suci


PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
          Ilmu beladiri telah lama dikenal oleh bangsa Indonesia, bahkan berpuluh - puluh tahun sebelum Indonesia merdeka, nenek moyang kita telah mampu meletakkan dasar - dasar keilmuan beladiri. Sebagai warisan budaya bangsa ilmu beladiri akhirnya berkembang pesat
Pada dasarnya, ilmu beladiri  terdiri dari dua macam aliran, yaitu :
1.    llmu beladiri  bardasarkan akal sehat (rasional)
2.    Ilmu beladiri berdasarkan rasa (emosi)
          Akal berfungsi sebagai wadah penghimpun ilmu Allah yang tidak terbatas, bahkan semakin lama semakin dapat dikembangkan. Ilmu adalah penemuan yang tidak diragukan lagi kebenarannya, dan ditemukan melalui proses uji coba. Ilmu beladiri adalah ilmu untuk kesejahteraan dunia dan akhirat yang berdasarkan prinsip -prinsip beladiri, yaitu membela diri sendiri, dan bila mampu juga dapat membela orang lain. Sedangkan rasa (emosi) jika tidak dikendalikan dapat mematikan akal, sehingga kegiatan yang hanya berdasarkan rasa belaka, semata - mata hanya akan mengumbar nafsu dan emosi manusia.
B.Tujuan
ü  Mendidik serta membina ketangkasan dan ketrampilan pencak silat sebagai bela diri, seni olahraga, dan budaya bangsa Indonesia
ü  Memelihara dan mengembangkan kemurnian pencak silat aliran TAPAK SUCI sebagai budaya bangsayang luhur dan bermoral, sesuai dan tidak menyimpang dari ajaran islam serta bersih dari syirik dan menyesatkan
ü  Mendidik dan membinaanggota untuk menjadi manusia yang dapat mengamalkan dakwah Amar Ma’ruf Nahi Mungkar dalam usaha mempertinggi ketahanan nasional
















PEMBAHASAN
Sejarah Tapak Suci
          Sejarah tapak suci sebagai sebuah aliran dan perguruan pencak silat telah di mulai jauh sebelum tahun 1963. Berawal dari aliran pencak silat Banjaran yang dikuasai oleh KH.Busyroh syuhada (lahir tahun 1827), yang bermukim di pesantren Binorong, Banjarnegara, Jawa tengah. KH.Busyro syuhada mempunyai murid diantaranya yaitu: Achyat (H. Burhan), dan M.Yasin (H. Abu Amar Syuhada).murid lainnya yang pernah belajar pada KH.Busyro Syuhada adalah soedirman, yang kelak berkiprah dalam dunia militer dan di kenal sebagai Panglima Besar Jendral Soedirman. KH.busyro syuhada sendiri adalah murid sekaligus teman seperjangan KH.Ahmad Dahlan, pendiri muhammadiyah.
          Tahun 1921, dua kakak beradik asal kauman, yogakarta, A.Dimyati (kakak) dan M.Wahib (adik), belajar pada KH.Busyroh syuhada, di Banjar Negara. Aliran yang semula berkembang di Banjarnegara, kemudian pindah ke Kauman Yogyakarta, seiring perpindahan K.H Busyro dan  H.Burhan ke kampung itu.
          perpindahan itu juga merupakan akibat dari gerakan perlawanan bersenjata yang dilakukan H.Buayroh sehingga karenanya  beliau kerap menjadi sasaran penangkapan yang dilakukan rezim kolonial Belanda.
          A.Dimyati dan M.Wahib ditinjuk oleh KH. Busroh untuk berkelana atau mengembara, masing-masing ke arah barat dan ke arah timur pulau jawa untuk adu kaweruh(adu ilmu) dalam rangka memperdalam ilmu bela diri dan berdakwa.   Setelah bertahun-tahun berkelana, keduanya kembali ke kauman Yogyakarta.
          Pada tahun 1925, atas restu KH.Busyroh Syuhada, kedua kakak beradik A.Dimyati dan M.wahib mendirikan paguron(perguruan) yang diberi nama “paguron cikauman” (aliran banjaran-kauman). Pada waktu didirikan, telah di gariskan dengan tegas dasar yang harus dipatuhi dan dilaksanakan olehsemua murid-murid aliran kauman-banjaran, yaitu:
Ø  paguron cikauman berlandaskan al-islam dan  berjiwa ajaran KH.Ahmad Dahlan, membina pencak silat yang berwatak dan berkepribadian Indonesia, bersih dari sesat dan syirik.
Ø  Mengabdikan perguruan untuk perjuangan agama serta bangsa dan negara
Ø  Sikap mental dsan gerak langkah anak murid harus merupakan tindak tanduk kesucian
Ø  Paguron ini memilikai landasan agama dan kebangsaan yang kuat, dan menegaskan seluruh pengikutnya untuk bebas dari syirik (menyekutukan Allah) serta mengabdikan perguruan untuk perjuangan agama dan bangsa.
          Perguruan Cikauman banyak melahirkan pendekar-pendekar yang tangguh, seperti M.Djuraini pada generasi pertama. Dari perguruan cikauman ini pula kemudian lahir paguron Seranoman (Kauman sebelah utara), yang didirikan oleh M.Syamsuddin pada generasi ke dua. Pada generasi ke tiga tampil M.Zahid pendekar yang dikenal cemerlang akalnya. Generasi berikutnya tercatat Moh.Djamiat Dalhar yang tidak asing lagi di dunia olahraga Indonesia sebagai macan bola yang belum ada tandingannya. Pada generasi ini juga tampil Wasthon Sudjak dan M.Bakir Odrus. Pada generasi ke lima ibu pertiwi mencatat dua puluh nama murid, di bawah pimpinan KH.Burhan yang semuanya adalah anggota laskar angkatan perang sabil (APS), yang gugur sebagai kusuma bangsa ketika perlawanan senjata melawan Belanda di belahan barat Yogyakarta. Kelak untuk mewarisi jiwa patriotik itu, tapak suci membentuk kelompok inti yang terdiri dari dua puluh orang anggota yang diberi nama KOSEGU (Korps Serba Guna). Untuk pertama kali KOSEGU secara aktif membantu penumpasan gerakan komunis sekitar tahun enam puluhan di Yogyakarta.
          Paguron Cikauman yang dilanjutkan dengan paguron Seranoman kemudian melahirkan paguron KOSEGU yang dididrikan oleh M.Barie Irsjad pada generasi ke enam. Sekalipun melahirkan paguron-paguron yang namanya berbeda, namun kesemua paguron berakar pada aliran pencak silat yang sama  yaitu, aliran kauman-banjaran, di samping kenyataan bahwa M.Barie Irsjad (Paguron Kosegu) memang berasal dari murid seranoman dan juga memang sebagai murid Cikauman.
          Pada era paguron Kosegu inilah atau tepatnya pada bulan Januari 1963 muncul gagasan untuk merealisasikan rencana mendirikan suatu perguruan yang melebur serta melanjutkan serta melanjutkan paguron-paguron yang sealiran itu, yaitu satu paguron yang berorientasi lebih luas, diorganisir dengan AD & ART, dengan materi latihan tersusun, teratur dan memakai seragam. Gagasan ini disampaikan kepada pendekar M.Wahib yang kemudian menyatakan bersedia untuk menilai ilmu yang akan diajarkan. Dari dasar kemudian mincul suatu wadah yang menyatukan sehingga tidak selalu melahirkan paguron yang baru, pendekar besar A.Dimyati dan M.Wahib merestui bahwa perguruan TAPAK  SUCI adalah sebagai kelangsungan dari paguron kauman yang didirikan pada tahun 1925dan berpusat di kauman, Yogyakarta.
          Pada tahun 1963, murid-mirid dari masing-masing dari paguron inilah yang bahu membahu mempersiapkan kelahiran  TAPAK  SUCI. Paguron TAPAK SUCI merupakan amanat dari pendekar-pendekar Cikauman(kauman-banjaran) kepada generasi penerus bangasa untuk dipelihara, dibina, dan dikembangkan dengan sebaik-baiknya pada jalan kebenaran.Untuk merealisasikan rencana pendirian perguruan ini pendekar M.Wahib mengutus tiga orang muridnya, yaitu: Ahmad Djakfar, Slamet, dan M.Dalhar Suardi. Kemudian M.Syamsuddin mengirim dua orang muridnya yaitu M.Zundar Wiesman dan Anis Susanto. Sedang murid yang berasal dari KOSEGU antara lain, Drs.Irfan Hadjam, M.Djakfar kusuma, Sobri Ahmad, dan M.Rustam. Keseluruhannya ini merupakan murid-murid pada generasi ke tujuh yang berperan ketika TAPAK SUCI didirikan dan mulai berlatih pada tahun 1957. Berdasarkan pernyataan tersebut menghasilkan gagasan untuk merealisasikan perguruan yang menyatukan murid-murid dari ketiga perguruan tersebut menjadi organisasi yang lebih besar, perguruan yang lebih kuat dan terorganisir, serta menjadi gerakan yang mendunia.
*     Lahirnya Tapak Suci
          Atas izin Allah SWT  Tapak Suci di deklarasikan pada malam jumat 10 Robiulawwal 1383 hijriah atau pada tanggal 31 Juli 1963 di Kauman Yogyakarta, dengan isi deklarsi:
ü  Tapak Suci berjiwa ajaran KH.Ahmad Dahlan
ü  Kailmuan Tapak Suci metodis dan dinamis
ü  Keilmuan Tapak Suci bersih dari syirik
          Nama perguruan dirumuskan dengan mengambil dari ajaran perguruan Kauman, sehingga ditetapkanlah nama TAPAK SUCI .
          Tapak Suci tampil di hadapan masyarakat pada usia enam bulan dengan mengadakan pagelaran “Pencak Silat Dalam Taaruf” dalam pembukaan Kongres Islam Asia-Afrika di Kepatian Yogyakarta, pada tahun selanjutnya(1964) Tapak suci sudah mendapatkan pengakuan secara DeFacto sebagai Gerakan Muhammadiyah.
          Setelah meletusnya pemberontakan G-30S/PKI, tapak suci kembali ke sarang dan berkonsentrasi kembali pada organisasi. Beberapa daerah mengajukan permintaan untuk dibuka latihan tapak suci sehingga TAPAK SUCI cepat tersebar di daerah-daerah. Beberapa praktisi bela diri yang berada di lingkungan Muhammadiyah pun dengan tapak suci sehingga semakin menyemarakkan gegap gempita TAPAK SUCI baik dari sisi organisasi maupun keilmuan. Perguran tapak suci yang awalnya hanya di Yogyakarta akhhirnya berkembang keluar Yogyakarta dan masuk ke daerah-daerah lainya.
*     KELUARGA PERTAMA
          Di Jember Jawa Timur sebelumnya sudah terdapat sebuah perguruan besae yaitu perguruan Guntur yang dipimpin oleh H. Syeh Abuss Shamad Alwi, Buchori Ahmad, dan Hadiningran. Ketika tapak suci mengembangkan sayapnya ke wilayah timur ke dua perguruan ini saling bertemu dan akhirnya perguruan Guntur menyatakan bergabung dengan tapak suci. Atas ridho dan kehendak Allah SWT Jember menjadi keluarga pertamayang menjadi keluarga tapak suci yang berada di luar Yogyakarta.
*     PEMANTAPAN ORGANISASI
          Pada tahun 1966 diselenggarakan konferensi nasional I TAPAK SUCI yang dihadiri oleh  para utusan dari daerah-daerah. Pada saat itu berhasil dirumuska pemantapan organisasi secara nasional, dan perguruan tapak suci dikembangkan lagi namanya menjadi “Gerakan dan Lembaga Perguruan Seni Bela Diri Indonesia Tapak Suci Putra Muhammadiyah”. Kemudian melalui sidang tanwir Muhammadiyahpada tanggal 28 Juli s.d 1 Agustus 1967 di Yogyakarta, tapak suci putra Muhammadiyah diterima dan ditetapkan menjadi organisasi otonom ke sebelas di perserikatan Muhammadiyah.
*     PERGURUAN HISTORIS IPSI
          Pada masa perkembangan perguruan tapak suci yang telah merambah ke persada Nusantara, maka dipandang perlu bagi perguruan tapak suci untuk mencari induk organisasi pencak silat. Pada waktu itu sekurang-kurangnya ada tiga organisasi yang menamakan diri sebagai induk organisasi pencak silat Indonesia, yaitu: PPSI yang dari Bandung, IPSI yang digerakkan dari Jakarta, dan BAPENSI yang digerakkan dari Yogyakarta.
          Melalui rapat kerja nasional yang diselenggarakan pada tanggal 19 – 20 April 1967 di Pekalongan di sampinng memutuskan dan mengesahkan anggaran rumah tangga, tapak suci  berketetapan hati memilih ikatan pencak silat seluruh Indonesia (sekarang ikatan pencak silat Indonesia) sebagai induk organisasi tapak suci. Tapak suci didudukkan sebagai salah satu dsari sepuluh perguruan historis IPSI, mengingat peran tapak suciyang menunjang tegak berdirinya PB.IPSI yang kala itu kondisinya sedang kritis.
*     PEMAHAMAN BELADIRI TAPAK SUCI
A. KEKUATAN
          Manusia dilahirkan dalam keadaan fitrah, suci dan bersih, dosa terjadi setelah seorang manusia dipandang mampu menggunakan akal dan pikirannya ( dewasa ) sehingga dapat membedakan mana yang baik dan mana yang buruk. Dalam menjalani hidupnya
Manusia mulai mengenal beberapa macam kekuatan, yaitu
1.    kekuatan alam;
2.    kekuatan manusia yang timbul dari dalam diri manusia dan
3.    kekuatan yang berasal dari Allah yang dapat berbentuk rahmat ataupun mukjizat/karomah yang kesemuanya merupakan sunatullah.
·        Kekuatan Alam
          Kekuatan yang dikandung oleh sifat fisis alam, dan masing-masing mempunyai kekuatan dan kelemahan. Bumi yang dianggap memiliki kekuatan dahsyat., karena sanggup mengangkat tanah dan batu-batu, menghasilkan grafitasi dan sebagainya, namun dalam ukuran yang seimbang, tenaga bumi kalah kuat dengan tenaga besi, tenaga besi masih kalah dengan tenaga api,           adapun tenaga api kalah dengan tenaga air, tenaga air yang dapat mengalahkan tenaga api dan tenaga bumi, masih kalah dengan udara (gas). Udara dapat menimbulkan gelombang, kemudian udara tersebut akan mengatur gerak gelombang itu, tetapi sekuat-kuatnya udara, masih kalah kuat dengan "getaran Listrik". Pergeseran getaran listrik negatif dengan positif di udara akan menggoncangkan udara.
·        Kekuatan Manusia
          Kita sebagai umat Islam mempercayai bahwa manusia berasal dari Tanah (sari bumi). Sari bumi yang dimakan oleh manusia, pada proses selanjutnya sari bumi tersebut dialirkan keseluruh tubuh dengan zat besi yang selanjutnya terjadi proses pembakaran, proses pembakaran sangat membutuhkan zat oksigen, selain itu manusia juga membutuhkan air untuk menyambung kelangsungan hidupnya, air tersebut berasal dari minuman, buah-buahan, dan sebagainya. Selain itu semua manusia juga mempunyai kekuatan listrik yang berpusat di Otak atau Syaraf, sehingga lndera dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Dari keterangan tersebut dapat diketahui bahwa pada hakekatnya, dalam diri manusia terdapat semua sumber "kekuatan alam".
·        Kekuatan yang Berasal dari Allah
          Semua kekuatan yang ada di burm terutama kekuatan yang dipunyai manusia biasa merupakan kekuatan yang berasal dari Allah 5WT, yaitu dalam bentuk rahmat dan karunia Nya. Kita cukup berbahagia dikarunia tubuh yang lengkap dengan fungsinya masing -masing. Fungsi masing - masing organ tubuh yang dapat digunakan dengan tepat, panca indira serta kemampuan manusia untuk berihtiar mencari keselamatan dunia dan akhirat merupakan kekuatan yang berasal dari Allah SWT dan tiada ternilai.

B. ILMU BELADIRI TAPAK SUCI
          Ilmu beladiri Tapak Suci mempunyai ciri khas tersendiri dibandingkan dengan Perguruan Pencak Silat yang lain, Tapak Suci merupakan Pencak Silat murni tradisional, karena menghimpun berbagai ilmu pencak silat, dan mengungkapkan ilmu-ilmu tersebut. Ilmu beladiri Tapak Suci termasuk aliran Rasional, yang memanfaatkan kemampuan akal, dengan memfungsikan kegunaan fisik beserta perangkatnya yang ada dalam tubuh manusia, sehingga dapat berfungsi secara tepat antara organ yang ada kaitannya satu dengan lainnya, serta saling isi mengisi, pada saat dibutuhkan.
          Karena terbatasnya kemampuan akal, maka akal harus diisi dengan ilmu yang serba menyelamatkan manusia, dengan tidak mengabaikan peranan wahyu Allah, namun berusaha melaksanakan pesan pengarahan Allah.
          Dalam dunia persilatan ada dua macarn “tenaga” yang digunakan untuk membela dirinya dari ancaman makhluk lain, yaitu;
          1) Tenaga luar
          Pengertian tenaga luar menurut masyarakat pada umumnya adalah gerakan yang dilakukan oleh gerakan tubuh, namun menurut pengertian beladiri adalah tenaga yang dikomando oleh akal.
2) Tenaga dalam
          Menurut pengertian masyarakat pada umumnya, tenaga dalam adalah kekuatan terpadu antara jasmani dengan kesadaran yang berhubungan dengan konsentrasi. Kekuatan Tenaga Dalam di Tapak Suci adalah perpaduan antara kekuatan fisik dengan kesadaran (konsentrasi), serba organis, tahu manfaat ketika menggunakannya, sadar fikiran serta inderanya, dan dilatih secara kontinyu.Ilmu yang dituangkan dalam Tapak Suci berdasarkan pada kecepatan dan ketepatan, sehingga di Perguruan Tapak Suci tidak diajarkan mantera-mantera, lelaku, puasa khusus untuk mencapai ilmu tertentu dan sebagainya, tapi semua ilmu yang diajarkan selama ini adalah ilmu yang berdasarkan pada rasio. Adapun tinggi rendahnya kemampuan siswa maupun anggota Tapak Suci berdasarkan pada ketekunan individu tersebut.
















PENUTUP
Kesimpulan 
          Dasar keilmuan Tapak Suci sudah jelas adanya, yaitu tidak akan lepas dari sifat manusia sebagai kalifatullah di bumi, serta yang tidak pernah lepas dari Al-Qur'an dan Sunah Rasul. Dengan kenyataan tersebut sumber keilmuan Tapak Suci lebih dititik beratkan kepada pengertian manusia sebagaimana pengertian yang dikandung Al-Qur'an serta tanggung jawabnya sebagai hamba Nya untuk selalu beramar ma'ruf dan bernahi mungkar, serta menjauhkan dirinya dari perbuatan syirik yang tercela. Dan pada hakekatnya beladiri Tapak Suci adalah beladiri yang didasari pada penggunaan kecepatan, ketangkasan, Rasio, Iman serta Ketakwaan.


                                                                                                Penulis








S E J A R A H


T A P A K  S U C I

Unesa Logo 2010





NAMA KELOMPOK:
§  INDARI                                              (114284001)
§  EKO NURUL AKBAR                          (114284002)
§  RIZKI MAULIDA                                 (114284003)
§  MUFLIH ZAMRONI                             (114284012)
§  MARIA MERDU WATI SIHOMBING    (114284028)
§  YULLIANAH ENNEKE                        (114284014)

UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
FAKULTAS ILMU SOSIAL
JURUSAN SEJARAH
PRODI PENDIDIKAN SEJARAH
2011

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SKENARIO BK

SKENARIO BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK DISKUSI KELOMPOK TAHAP PEMBENTUKAN ·          Pembukaan dengan mengucapkan salam. ·          Konselor mengucapkan ucapan terima kasih kepada para anggota kelompok atas kehadiran mereka. ·          Konselor membuka bimbingan kelompok dengan berdoa bersama dengan dipimpin oleh anggota kelompok yang telah disepakati. ·          Konselor memperkenalkan diri dan dilanjutkan oleh anggota kelompok untuk memperkenalkan diri dengan gaya dan ciri khas masing-masing. ·          Melakukan permainan untuk pengakraban antar anggota kelompok menggunakan permainan dengan nama “SIAPA DIA”.   Permainan   pengakraban ini dengan cara konseli menuliskan ciri-ciri yang ada pada dirinya, apa yang dibenci dan apa yang disukai pada selembar kertas. S...

Tanaman Transgenik makalah

Tanaman Transgenik: Dampak bagi Kehidupan Manusia Saat Ini Makalah Ilmu Alamiah Dasar Al – Donna Zhara K.            114284015 Choirunnisa Rahayu             114284026 Dinastuty Mulia           114284030 Universitas Negeri Surabaya Fakultas Ilmu Sosial Jurusan Pendidikan Sejarah 2012 KATA PENGANTAR Puji syukur kami panjatkan   kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahma tserta karunia-Nya kepada kami sehingga kami berhasil menyelesaikan makalah Ilmu Alamiah Dasar yang Alhamdulillah tepat pada waktunya Makalah ini berisikan tentang informasi   “ Tanaman Transgenik: Dampak bagi Kehidupan Manusia Saat Ini ” semoga m akalah ini dapat memberikan informasi kepada kita semua.             Saya   menyadari bahwa...

Pengantar ilmu sejarah

Pengertian sejarah: ·          Kamus umum bahasa Indonesia yang ditulis oleh W.J.S Poerwadarminta Menyebutkan bahwa sejarah mengandung tiga pengertan berikut: 1.       Sejarah berarti silsilah atau asal usul. 2.       Sejarah berarti kejadian dan peristiwa yang benar-benar terjadi pada masa lampau. 3.       Sejarah berarti ilmu,pengetahuan,cerita pelajaran tantang kejdian atau peristiwa yang benar-benar terjadi pada masa lampau. ·          Moh. Ali dalam bukunya pengantar ilmu sejarah Indonesia   mempertegas pengertian sejarah sebagai berikut : 1.       Jumlah perubahan-perubahan, kejadian atau peristiwa dalam kenyataan di sekitar kita. 2.       Cerita tentang perubahan-perubahan, kejadian atau peristiwa dalam kenyataan di sekitar kita. 3.    ...